ITJEN KEMENKUMHAM PAPARKAN PENTINGNYA MANAJEMEN RESIKO BAGI KANTOR WILAYAH

Slide1

Pekanbaru – Setiap organisasi pasti menghadapi berbagai risiko, baik berasal dari dalam maupun luar organisasi. Dengan perkembangan lingkungan yang semakin cepat dan kompleks, serta persaingan yang semakin keras, maka risiko-risiko yang dihadapi suatu organisasi untuk mencapai tujuannya akan semakin kompleks pula. Guna mengantisipasi dan mengatasi risiko-risiko tersebut, diperlukan fungsi manajemen risiko yang baik agar risiko-risiko yang ada tidak menimbulkan “kejutan” dan tujuan organisasi dapat diyakini tidak terganggu pencapaiannya.

Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Riau sebagai suatu organisasi pemerintahan tidak dapat lepas dari risiko-risiko yang dapat mengganggu pencapaian tujuan. Baik Kanwil maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawahnya seringkali dihadapkan dengan berbagai risiko. Dari risiko tersebut kemudian beralih menjadi sebuah masalah. Hal ini tentu saja menimbulkan dampak kerugian tidak tercapainya visi dan misi yang telah ditetapkan. Kegagalan dalam pencapaian visi dan misi ini dapat mengakibatkan ketidakpercayaan dari masyarakat umum atas kinerja yang dilakukan.

Hal ini tertuang di dalam Pembahasan pada Rapat Bersama antara Tim Inspektorat Jendral (Itjen) Kemenkumham yang dipimpin oleh Inspektur Wilayah (Irwil) II, Nugroho dengan Jajaran Kanwil Kemenkumham Riau terkait Pembinaan dan Evaluasi Manajemen Risiko, Selasa (09/10/18). Pada rapat yang di ikuti langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), M diah beserta Para Kepala Divisi (Kadiv) dan Pejabat Struktural Kanwil, Irwil II Nugroho memaparkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 5 tahun 2018 tentang Penerapan Manajemen Risiko dilingkungan Kemenkumham, yang menjadi dasar hukum dan pedoman penerapan dan pelaksanaan manajemen risiko dilingkungan Kanwil Kemenkumham Riau.

“ Manajemen Risiko telah menjadi kebutuhan Stratergis dalam dalam menentukan perbaikan kinerja, risiko yang di kelola optimal akan membantu mewujudkan pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil. Oleh sebab itu segera bentuk TIM Pelaksanaan Manajemen Risiko baik di Kanwil maupun seluruh UPT,” ujar Kakanwil

Pembinaan dan Evaluasi pelaksanaan Manajemen Risiko oleh Tim Itjen Kemenkumham ini akan berlangsung beberapa hari dan selain di Kanwil akan dilaksanakan juga di Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru dengan melibatkan seluruh UPT se-wilayah Riau.

(Humas Kanwil Kemenkumham Riau)

SUMBER : https://riau.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/2845-itjen-kemenkumham-paparkan-pentingnya-manajemen-resiko-bagi-kantor-wilayah

Slide2

Slide5