PENANDATANGAN KOMITMEN PROGRAM PENGENDALIAN GRATIFIKASI

IMG 8808Pada tanggal 25 September 2013 telah diselenggarakan acara Penandatanganan Komitmen Program Pengendalian Gratifikasi antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Acara ini dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Bapak Amir Syamsudin dan Ketua KPK Abraham Samad, serta seluruh Jajaran Eselon I dan Eselon II di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretaris Jenderal.

IMG 8854Pada sambutannya Menteri Hukum dan HAM menyampaikan bahwa program pengendalian gratifikasi ini merupakan salah satu langkah yang harus ditempuh untuk menciptakan budaya anti korupsi di Kementerian Hukum dan HAM. Ketua KPK, Abraham Samad mengatakan bahwa pelaksanaan reformasi birokrasi tidak dapat dilepaskan dari implementasi tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance), sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), dan zero tolerance atas tindak pidana korupsi. Tetapi juga diperlukan pengaturan atas benturan kepentingan, pengaturan atas pemberian dan penerimaan hadiah/gratifikasi, kewajiban pelaporan harta kekayan bagi para pejabat yang rawan KKN serta kepatuhan terhadap semua peraturan yang berlaku.

Pada kesempatan yang sama Inspektur Jenderal, Agus Sukiswo menyatakan bahwa pelaksanaan Program Pengendalian Gratifikasi bekerjasama dengan Deputi Bidang Pencegahan KPK. Program ini diawali dengan membentuk tim Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) yang diwakili oleh setiap Unit Eselon I, dan UPT Pemasyarakatan serta UPT Imigrasi.

Agar pelaksanaan program dapat berjalan efektif menurut Abraham Damad maka perlu adanya komitmen dari Menteri dan seluruh jajarannya maupun dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) yang ada di Kementerian Hukum dan HAM.

 

(Datin-P2)

0