APLIKASI YANG TERINTEGRASI

 Untitled

Dalam era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), tuntutan akan teknologi informasi begitu tinggi. Semua Lini kehidupan sangat membutuhkan informasi. Mengadopsi teknologi informasi terbaru, bukan hanya men jadikan semua usuran jadi lebih mudah, tetapi juga akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sejak Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) berlaku, kinerja seluruh ASN, dituntut lebih ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar dibuat lebih sederhana, murah, dan mudah diakses.

Selain itu, UU ASN mewajibkan setiap individu ASN meningkatkan profesionalisme yang menghasilkan output kinerja berkualitas. Menuju profesionalisme yang tinggi dibutuhkan suatu sistem yang dapat memantau, membina, dan mengevaluasi kinerja para ASN.

Untuk meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian, Kementerian Hukum dan HAM telah memanfaatkan teknologi informasi, berupa pengembangan aplikasi SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian) yang di keluarkan tahun 2011 oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN), menjadi SIMPEG New 015 online versi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang terintegrasi.

Sadar akan kebutuhan dan meningkatnya profesionalisme ASN, tepat bila Kemenkumham menghadirkan suatu sistem yang berbasis teknologi informasi, yaitu SIMPEG New 015. Sistem ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi SIMPEG sebelumnya.

Pada bulam Maret lalu (22/03), Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, telah meresmikan program aplikasi tersebut, yang diprakarsai oleh Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

SIMPEG New 015, merupakan transformasi proses kepegawaian yang manual menjadi otomatis. Sistem ini mengintegrasikan seluruh layanan kepegawaian, yang menjadi sarana bagi Menkumham, Sekretaris Jenderal (Sekjen), dan Kepala Biro Kepegawaian (Karowai), serta para pimpinan unit lainnya, dapat memonitor kinerja seluruh jajarannya.

Mengingat akan pentingnya informasi aplikasi SIMPEG New 015 berbasis online, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan HAM, mengumpulkan pejabat dan pegawaianya dalam ruang aula Itjen, gedung centra mulia Lt. 16, Selasa (26/04), untuk mengikuti kegiatan penyampaian informasi aplikasi SIMPEG New versi 015, yang diselenggarakan oleh bagian Kepegawaian Itjen.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plh. Sekretaris Inspektorat Jenderal Purnawan Hari, dan sebagai penyaji (narasumber), Kasubag Sistem Informasi Kepegawaian Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal (Setjen) Bramantyo. Dan ini merupakan bagian dari agenda kegiatan kerja Bagian Kepegawaian Itjen dan Biro Kepegawaian Setjen, untuk menginformasikan aplikasi SIMPEG New 015 berbasis online kepada seluruh ASN.

Dalam penjelasan Bramantyo, ada empat jenis user dalam aplikasi SIMPEG New 015, yakni Eksekutif (Menkumham dan Sekjen), Super Admin, Pengelola, dan Pegawai.

26 April 2016 Sosialisasi NEW SIMPEG 015 6

Kemudian ditambahkannya, Fitur di dalam aplikasi tersebut, terdiri Peta Pegawai, Administrasi Jabatan, Kompetensi, Absensi, Kinerja, Disiplin, Profil, Dossier, Informasi Jabatan, Izin/ DL, Cuti, Interaksi Pegawai, Informasi Pensiun. Informasi Kepangkatan, Penghargaan, DRH, DRP, KGB, Layanan Konsultasi, Tunjangan Kinerja, laporan, dan Statistik” tutur Bram.

Sebelumnya, Plh. Ses Itjen Purnawan Hari menuturkan bahwa “kedepan, penyelenggaraan manajemen ASN akan didominasi dengan informasi teknologi (IT), dan sudah waktunya kita untuk beranjak dari sistem manual kepada sistem informasi yang lebih memadai.

Begitu antusiasnya para peserta yang mengikuti kegitan tersebut. SIMPEG New 015 mewajibkan kita melek akan informasi teknologi, dan semakin memberikan kepastian kepada pegawai untuk menapaki tangga karirnya masing-masing, sesuai yang direncanakan.

Penataan informasi yang dilakukan secara teratur, tepat, cepat dan terstandarkan, akan sangat mendukung kelancaran pengelolaan dan target-target yang akan Dalam era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), tuntutan akan teknologi informasi begitu tinggi. Semua Lini kehidupan sangat membutuhkan informasi. Mengadopsi teknologi informasi terbaru, bukan hanya men jadikan semua usuran jadi lebih mudah, tetapi juga akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sejak Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) berlaku, kinerja seluruh ASN, dituntut lebih ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar dibuat lebih sederhana, murah, dan mudah diakses.

Selain itu, UU ASN mewajibkan setiap individu ASN meningkatkan profesionalisme yang menghasilkan output kinerja berkualitas. Menuju profesionalisme yang tinggi dibutuhkan suatu sistem yang dapat memantau, membina, dan mengevaluasi kinerja para ASN.

Untuk meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian, Kementerian Hukum dan HAM telah memanfaatkan teknologi informasi, berupa pengembangan aplikasi SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian) yang di keluarkan tahun 2011 oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN), menjadi SIMPEG New 015 online versi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang terintegrasi.

Sadar akan kebutuhan dan meningkatnya profesionalisme ASN, tepat bila Kemenkumham menghadirkan suatu sistem yang berbasis teknologi informasi, yaitu SIMPEG New 015. Sistem ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi SIMPEG sebelumnya.

Pada bulan Maret lalu (22/03), Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, telah meresmikan program aplikasi tersebut, yang diprakarsai oleh Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

SIMPEG New 015, merupakan transformasi proses kepegawaian yang manual menjadi otomatis. Sistem ini mengintegrasikan seluruh layanan kepegawaian, yang menjadi sarana bagi Menkumham, Sekretaris Jenderal (Sekjen), dan Kepala Biro Kepegawaian (Karowai), serta para pimpinan unit lainnya, dapat memonitor kinerja seluruh jajarannya.

26 April 2016 Sosialisasi NEW SIMPEG 015 2

Mengingat akan pentingnya informasi aplikasi SIMPEG New 015 berbasis online, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan HAM, mengumpulkan pejabat dan pegawaianya dalam ruang aula Itjen, gedung centra mulia Lt. 16, Selasa (26/04), untuk mengikuti kegiatan penyampaian informasi aplikasi SIMPEG New versi 015, yang diselenggarakan oleh bagian Kepegawaian Itjen.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plh. Sekretaris Inspektorat Jenderal Purnawan Hari, dan sebagai penyaji (narasumber), Kasubag Sistem Informasi Kepegawaian Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal (Setjen) Bramantyo. Dan ini merupakan bagian dari agenda kegiatan kerja Bagian Kepegawaian Itjen dan Biro Kepegawaian Setjen, untuk menginformasikan aplikasi SIMPEG New 015 berbasis online kepada seluruh ASN.

Dalam penjelasan Bramantyo, ada empat jenis user dalam aplikasi SIMPEG New 015, yakni Eksekutif (Menkumham dan Sekjen), Super Admin, Pengelola, dan Pegawai.

Kemudian ditambahkannya, Fitur di dalam aplikasi tersebut, terdiri Peta Pegawai, Administrasi Jabatan, Kompetensi, Absensi, Kinerja, Disiplin, Profil, Dossier, Informasi Jabatan, Izin/ DL, Cuti, Interaksi Pegawai, Informasi Pensiun. Informasi Kepangkatan, Penghargaan, DRH, DRP, KGB, Layanan Konsultasi, Tunjangan Kinerja, laporan, dan Statistik” tutur Bram.

Sebelumnya, Plh. Ses Itjen Purnawan Hari menuturkan bahwa “kedepan, penyelenggaraan manajemen ASN akan didominasi dengan informasi teknologi (IT), dan sudah waktunya kita untuk beranjak dari sistem manual kepada sistem informasi yang lebih memadai.

Begitu antusiasnya para peserta yang mengikuti kegitan tersebut. SIMPEG New 015 mewajibkan kita melek akan informasi teknologi, dan semakin memberikan kepastian kepada pegawai untuk menapaki tangga karirnya masing-masing, sesuai yang direncanakan.

Penataan informasi yang dilakukan secara teratur, tepat, cepat dan terstandarkan, akan sangat mendukung kelancaran pengelolaan dan target-target yang akan  akan dicapai oleh organisasi. @red/foto : humas.itjen

 26 April 2016 Sosialisasi NEW SIMPEG 015 3  26 April 2016 Sosialisasi NEW SIMPEG 015 1
   
   
   
0