Rapat SKP Unit Itjen

IMG 9468

Sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah Aparatur Sipil Negara (ASN) tentunya tidak asing lagi dengan istilah penilaian prestasi kerja, yang dilakukan setiap satu tahun sekali penilaiannya. Metode penilaian ini dilakukan melalui pendekatan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang dinilai melalui dua unsur, yaitu prestasi kerja (sasaran) dan perilaku kerja, seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kinerja Pegawai.

Sejalan dengan itu, Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Itjen Kemenkumham) selama dua hari berturut-turut yaitu pada Kamis dan Jumat pagi (5-6/01/2017), menggelar rapat internal membahas mengenai pengisian SKP tahun 2016, yang dilaksanakan dan dipimpin lansung oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal dalam ruang rapat kerjanya. Tujuannya adalah untuk memastikan adanya kesamaan dalam hal penyusunan, penilaian dan perhitungan secara baik dan benar dalam pengisian SKP.

Dalam pengisian SKP ada empat aspek yang harus diperhatikan yaitu, kuantitas (banyaknya kegiatan yang menjadi target kerja selama kurun waktu tertentu), kualitas (kualitas dari kegiatan yang menjadi targetnya), waktu (waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan yang menjadi target) dan biaya (banyaknya anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan/output yang menjadi targetnya). Adapun perilaku kerja meliputi enam aspek yaitu orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama dan kepemimpinan.

Bagi ASN yang menduduki jabatan fungsional umum, dalam mengisi SKP harus memperhatikan uraian jabatan dalam tugas dan fungsinya serta rencana kerja tahunan yang menjadi tanggung jawabnya, dengan mengacu pada SKP dari atasan langsungnya. Dan bagi PNS yang menduduki jabatan fungsional tertentu dalam penyusunan SKP harus mengacu pada lampiran kegiatan yang ada pada peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang mengatur tentang jabatan fungsional tertentu dan angka kreditnya sesuai dengan jenjang jabatan masing-masing.

Sebelum kegiatan berakhir, Sekretaris Inspektorat Jenderal Luluk Rataningtyas mengharapkan sebelum tanggal 11 Januari 2017, pengisian SKP 2016 sudah selesai semua pengisiannya, dan untuk segera dimasukan ke dalam Aplikasi New SIMPEG 015 (simpeg.kemenkumham.go.id). @red/foto : humas.itjen

Hari Pertama (04 Jan 2017)

IMG 9472

IMG 9487

Hari Kedua (05 Jan 2017)

IMG 5144

IMG 5146

0