ITJEN KEMENKUMHAM MEMANFAATKAN IT DALAM MENJALANKAN FUNGSI PENGAWASANNYA

IMG 9012

Inspektorat Wilayah IV (Irwil IV) pada Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan pelatihan di kantor sendiri (pks) dengan agenda pembahasan mengenai pemanfaatan teknologi dalam penyusunan laporan hasil pengawasan di ruang rapat Irwil IV, Kamis 06/7.

Perkembangan teknologi informasi (information technology) pada dekade terakhir ini meningkat dengan pesat. Pemanfaatannya dalam kehidupan masyarakat secara luas juga mengalami peningkatan yang sangat besar.

Berbagai kepentingan menjadi dasar pertimbangan dari mulai hanya sebagai gaya hidup (life style) atau pelengkap sampai dengan menjadi perangkat dan sarana yang menempati posisi yang sangat vital. Kebutuhan teknologi informasi pada setiap organisasi akan berbeda sesuai dengan interpretasi dari visi yang dimiliki para pimpinannya.

Khairuddin selaku Inspektur Wilayah IV menginginkan dengan pemanfatan teknologi yang sudah ada,   informasi kegiatan pengawasan sebaiknya dapat diinformasikan hasilnya.

“Pimpinan menginginkan setiap hasil pengawasan dapat diinformasikan melalui pemanfaatan teknologi atau media yang sudah tersedia pada masing-masing unit” ucapnya saat memimpin jalannya rapat pembahasan tersebut.

Untuk dapat mengoptimalisasikan informasi positif dari suatu hasil kegiatan apapun pada tiap organisasi, baik Kementerian maupun Lembaga, diperlukan adanya hubungan masyarakat (Humas) pemerintah. Peran humas pemerintah sangatlah dibutuhkan. Humas pemerintah diharapkan dapat mensinergikan dan mengoptimalkan serta membentuk opini publik dalam meningkatkan citra positif pemerintah.

“Oleh karena itu, pada kegiatan kali ini kami mengundang Humas Itjen untuk berbagi pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan teknologi dan informasi terutama hasil pengawasan kita” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Program Humas dan Pelaporan Itjen Joko Martanto memberikan penjelasan terhadap peran dan fungsi kehumasan serta menyikapi hal tersebut dengan baik.

IMG 9019

“Setiap kegiatan pengawasan sudah kita informasikan melalui pemanfaatan jaringan teknologi dan informasi yang tersedia, namun memang masih belum optimal, perlu adanya koordinasi dan komunikasi yang intens’ ujar Joko. 

Dalam menjalankan peran humas pemerintah untuk mencapai kunci sukses adalah adanya legalitas dan dukungan penuh dari pimpinan dalam melasanakan tugas dan fungsinya masing-masing. Red/Photo : humas.itjen

IMG 8998

IMG 8977

IMG 8994