ITJEN KUMHAM PERLUAS WAWASAN MELALUI KERJASAMA DENGAN USAID CEGAH

WhatsApp Image 2017-12-15 at 18.02.48

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly pernah memberikan arahan kepada peserta Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Kemenkumham Tahun 2017 di Hotel Aston Sentul, (30/12) yaitu “Open Your Mind”, tinggalkan pola lama, perluas wawasan, perkuat networking, jangan konvensional dan jangan resisten terhadap perubahan.

Sesuai arahan Menkumham tersebut, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham mengikuti kegiatan Performance Audit Training sebanyak 23 Orang yang diselenggarakan oleh USAID Cegah atas kerjasama antara Itjen Kemenkumham dengan USAID Cegah yang bertempat di Hotel Le Meridien.

Pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman tentang langkah-langkah utama dalam pelaksanaan audit kinerja dan mendukung tugas dan fungsi Itjen, harap Reza Anggara Yusuf Program Coordinator Accountability Component USAID CEGAH pada saat membuka kegiatan beberapa hari lalu (11/12).

Oleh karena itu, pelatihan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 11 – 15 Desember 2017 dengan pemateri dari Management System International (MSI) Joseph Chrisroff Senior Vice President tentang Gambaran Umum Audit Kinerja, Merancang sebuah Audit Kinerja, Bukti Audit, Unsur-unsur sebuah temuan, Pengendalian Kualitas, dan Penyusunan Pesan.

Menurut Joseph, Audit Kinerja yang baik akan menghasilkan temuan-temuan berdasarkan pengumpulan bukti yang cukup dan sesuai, serta perbandingan antara bukti dengan kriteria, ucapnya.

Selain itu, “Audit Kinerja bermanfaat untuk meningkatkan kinerja pemerintah, menurunkan biaya program, memfasilitasi pengawasan atau tindakan perbaikan, dan kontribusi untuk akuntabilitas publik”.

Namun, sebelum melaksanakan Audit, terlebih dahulu untuk merencanakan dengan menggunakan Matrik Design, pesannya.

Dimana, “matrik design adalah alat perencanaan proyek yang membantu tim untuk menentukan tujuan penelitian, metode pengumpulan data, dan pesan-pesan potensial mereka”, tambahnya.

Pada akhir kegiatan, Kepala Bagian Kepegawaian M. Mufid mewakili Sekretaris Inspektorat Jenderal (Sesitjen) Kemenkumham untuk menyerahkan Sertifikat dan menyampaikan pesan kepada peserta performance audit training, “dengan adanya pelatihan ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan di tempat tugas masing-masing”, ucapnya pada saat penutupan kegiatan Performance Audit Training di Hotel Le Meridien Jakarta (15/12).

Kegiatan ini sangat bagus karena ini awal kerjasama dan bukan akhir kerjasama antara USAID CEGAH dengan Itjen Kemenkumham, ujarnya Juhani Grossmann Chief Of Party USAID CEGAH sekaligus menutup kegiatan Performance Audit Training. Red/Photo : Humas.itjen 

WhatsApp Image 2017-12-15 at 18.02.50

WhatsApp Image 2017-12-15 at 18.02.49