CPNS HARUS MENTAATI KEWAJIBAN DAN MENGHINDARI LARANGAN

Gambar 1

Sebagai calon pegawai yang akan memasuki dunia kerja barunya, tentunya tidak lepas dari masa pengenalan lingkungan tempat mereka akan bekerja.

Seperti di Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang baru saja diterima dan masuk kedalam dunia kerja barunya sebagai calon pegawai, mereka semua diarahkan dan diberi pembekalan pengetahuan tentang tugas dan fungsi unit organisasi pengawas internal Kementerian.

Dihari ke-empat masa pembekalan (orientasi), 27 orang CPNS Itjen Kemenkumham, diberikan pembekalan tentang kedisipilinan dalam bekerja. Menjadi seorang PNS sekarang, tidaklah segampang jika dibandingkan dengan sebelumnya. Mereka masuk dengan penuh perjuangan dan harus mempunyai modal pengetahuan yang cukup, serta kedisiplinan yang tinggi.

Seperti yang dikatakan oleh salah satu pembina kepegawaian Itjen Kemenkumham, Satrio Mahendra Jati, Kepala Sub Bagian Administrasi Jabatan dan Pengembangan Pegawai, bahwasanya menjadi seorang PNS sekarang harus disiplin.

“Dimulai dari CPNS, harus melatih kedisiplinan. Disiplin PNS adalah kesanggupan PNS untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundangan-undangan dan/atau peraturan kedinasan, yang apabila tidak ditaati atau dilanggar, akan dikenakan sanksi berupa penjatuhan hukuman disiplin, ucap Satrio, saat memberikan pembekalan kepada CPNS.

Sesuai dengan judul materi yang disampaikannya, Satrio menjelaskan tentang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan sanksi-sanksi yang akan diterima oleh pegawai, apabila pegawai tersebut melanggar ketentuan.

“Jadi, kalian harus mengikuti semua peraturan-peraturan yang berlaku. Jika melanggar, akan dikenakan sanksi, tambahnya.

Dari apa yang diterangkan dalam pembekalan tersebut, Satrio pun berharap agar selama menjadi calon pegawai sampai dengan kemudian menjadi pegawai, agar tetap selalu menjaga nama baik instansi, dan harus mentaati kewajiban serta menghindari larangan atau rambu-rambu yang telah ditentukan, pesannya kepada para CPNS.

Kegiatan pembekalan atau masa orientasi CPNS Itjen Kemenkumham ini, diselenggarakan di ruang auditorium Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Lt.16, Kuningan, Jaksel. Red/photo : humas.itjen

Gambar 2