RAPAT PERSIAPAN WORKSHOP PENYUSUNAN DESAIN PENELITIAN PENGADAAN DAN PENGELOLAAN MAKANAN DI SELURUH UPT PEMASYARAKATAN

Slide2

Jakarta, 25 Agustus 2018 – Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Itjen Kemenkumham) telah menghadiri rapat pertemuan yang bertempat di Gedung Kementerian Hukum dan HAM lt. 15 di Ruang Rapat Inspektorat Wilayah II. Rapat ini membahas mengenai persiapan Workshop Penyusunan Desain Penelitian Pengadaan dan Pengelolaan Makanan yang akan berlangsung pada 30 Agustus 2018, bertempat di Grand Mercure Harmoni, Jakarta.

Pertemuan yang berlangsung singkat ini dihadiri oleh Perwakilan Inspektorat Wilayah (Itwil) I s/d VI, Bagian Program Humas dan Pelaporan (PHP), Tim USAID Cegah, dan CDS (Center For Detention Studies). Dalam pertemuan ini USAID menyampaikan beberapa kesepakatan yang sudah pernah dibahas dipertemuan sebelumnya.

Inti dari pertemuan ini ialah memaparkan perkembangan acara, mulai dari kesiapan tempat, tanggal pelaksanaan, susunan acara, sampai dengan nama-nama yang akan hadir pada workshop tersebut. Dalam hal ini seluruh kerjasama yang ada di Kementerian dan Lembaga (K/L) berada di Biro Humas dan Kerjasama, komunikasi ini sudah lama terjalin. Perlu adanya Perjanjian Kerjasama (PKS) agar dapat terkoordinasi dengan baik antara biro humas dengan unit lain.

“Maka dari itu, dengan adanya PKS tidak ada hambatan dalam koordinasi di setiap bidang, dikarenakan payung kerjasamanya sudah ada,” ucap Cut, perwakilan dari Biro Humas dan Kerjasama Luar Negeri (KLN).

Pak Alwi, sebagai salah satu perwakilan CDS mengatakan bahwa pertemuan ini lahir dari kesepakatan yang telah dibahas pada waktu lalu, workshop yang akan diadakan berfokus pada desain penelitian untuk lapangan.

Workshop yang membahas mengenai desain penelitian ini memilih Inspektorat Jenderal, UPT Pemasyarakatan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Sekretariat Jenderal Kemenkumham, dan CDS sebagai audiens. Terdapat 3 (tiga) materi yang akan disampaikan dalam workshop, antara lain:

1. Prosedur pengadaan Barang dan Makanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) (Sistem Penyediaan di Rutan) Oleh Wawan Heru Suyatmiko (Transparency International Indonesia);

2. Proses Perencanaan sampai pola pemenangan lelang (Transparansi Pengadaan) Oleh Dr. Rahmayanti (Akademisi Poltekim);

3. Pengawasan Penyelenggaraan Makanan di Rutan (Standar Gizi dan Metodologi) Oleh Zainal Abidin, SH., LLM (Akademisi).

Perwakilan dari Itwil I, Ricky Ardilles merekomendasikan agar penulisan tata kelola bahasa harus diperbaiki, karena proses, pengelolaan, dan pengadaan memiliki arti serta makna yang berbeda, dan tidak sesuai dengan penafsiran, maka harus diperjelas lagi. “Diadakannya pertemuan ini untuk menghasilkan kesepakatan untuk tanggal 30 Agustus 2018,” harap Cut. Red/Photo:Humas.Itjen

Slide1

Slide3