FORUM GRUP DISCUSSION (FGD) UPP KEMENKUMHAM DENGAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI

Slide1

Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Itjen Kemenkumham) mengadakan rapat Tim pengelolaan, menindak lanjuti persoalan sosialisasi Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) pada 5/9/2018. Rapat yang dimulai pukul 09.00 WIB ini bertempat di ruang rapat sekretaris Itjen Kemenkumham lantai 16. Dihadiri oleh Sekretaris Itjen (Sesitjen) Kemenkumham, para Inspektur Wilayah, dan Kepala Bagian.

Pertemuan ini dirancang untuk membahas kelanjutan sosialisasi kegiatan UPP bersama KPK yang akan Kemenkumham lakukan pada tahun 2018. "Sosialisasi UPP merupakan sebuah bentuk penindakan pemberantasan pungutan liar, yang harus dilakukan itjen minimal dengan melakukan pencegahan terlebih dahulu" ujar Luluk Ratnaningtyas, selaku Sesitjen Kemenkumham pada pembukaan rapat.

Bentuk pencegahan seperti ini sudah harus selalu dilakukan oleh itjen walaupun anggaran yang ada di kemenkumham untuk melakukan UPP belum tersedia. Dan UPP masih merupakan tugas yang bertumpang tindih dengan kegiatan yang lain dari segi anggaran, sehingga belum dapat terlaksana secara maksimal.

Selain membahas mengenai kegiatan sosialisasi UPP tahun 2017/2018, Tim Pengelola yang dihadiri kurang dari 20 orang dalam rapat tersebut juga menggali data-data mengenai UPP yang sudah pernah dilakukan di tahun 2017 s.d 2018. Perihal tata kelola persuratan juga dibahas secara alot.

Kesimpulan yang didapat ialah, dalam rangka untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja UPP di kantor wilayah maka FGD Kemenkumham dan sosialisasi penegakan Gratifikasi oleh KPK disusun dengan rekomendasi hasil Rapat Kordinasi Pengawasan (Rakornas) UPP kemenkumham untuk setiap kepala kantor wilayah, melampirkan penyusunan SOP, memaparkan jadwal kegiatan FGd kinerja UPP serta susunan acara kegiatan kinerja UPP.

Dan untuk efektivitas serta efisien dari kepala kantor wilayah, kepala masing-masing bagian dari 5 (lima) wilayah tersebut harus menyampaikan capaian kerja UPP persatuan kerja, menjabarkan kendala dan solusi yang terlihat serta masukan terhadap draft SOP. Red/Photo: Humas.Itjen

Slide2

Slide3