IRJEN KEMENKUMHAM : JAMU JATI KENDI

11-07-2016 Halal Bi Halal Itjen 7

“Dengan halal bihalal, kita tingkatkan tali silaturahim menuju insan yang bertaqwa dan PASTI”, itulah tema dari pelaksanaan halal bihalal dan silaturahmi keluarga besar Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM yang diadakan di auditorium Inspektorat Jenderal, gedung Ex sentra mulia lantai 16, Kuningan Jakarta Selatan, Senin (11/07).

Masih dalam nuansa Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah, dengan semangat Kami PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif), keluarga besar Inspektorat Jenderal mengadakan acara halal bihalal dan silaturahim, yang sebelumnya juga telah dilaksanakan pada tingkat Kementerian, bersama Menteri Hukum dan HAM beserta segenap staf dan jajarannya, bersamaan dengan kegiatan apel pagi pertama, setelah libur cuti bersama menyambut perayaan Idul Fitri tahun 2016.

Halal bihalal dan silaturahmi keluarga besar Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa solidaritas dan kebersamaan serta sebagai momentum pelebur dosa antar sesama, dan kembali kepada fitrahnya dengan saling bermaaf-maafan.

Acara halal bihalal yang dilaksanakan baik pada tingkat Kementerian maupun pada internal Inspektorat Jenderal adalah dalam rangka upaya mewujudkan hubungan horizontal maupun vertikal yang lebih baik lagi. Silaturahmi diantara sesama manusia juga mengandung berbagai makna kebaikan, diantaranya menambah panjang umur kita dan dimurahkannya rizky yang diberikan oleh Tuhan kepada hambanya.

Momentum halal bihalal ini dijadikan Inspektur Jenderal Aidir Amin Daud untuk selalu berinstropeksi diri, dan selalu bersikap berbaik sangka terhadap sesama, atas apa yang selama ini telah dilakukan. Irjenpun mengingatkan kepada seluruh jajarannya, untuk seperti “JAMU JATI KENDI”.

“Minumlah setiap hari JAMU JATI KENDI, JAMU yang diartikan sebagai Jaga Mulut, JATI diartikan Jaga Hati, dan KENDI diartikan sebagai Kendali Diri. Jika itu semua kita jalani dengan baik, saya yakin kita akan selamat dunia dan akhirat” ujar Aidir. 

Dalam penyampain sambutan sebelumnya, Inspektur Wilayah III Sri Ngulati mengajak kepada seluruh jajaran Inspektorat Jenderal untuk menjadi pribadi yang kuat, baik dari sisi iman, lahiriah, maupun jasmaniah.

“Momentum Ramadhan yang baru saja kita lalui, dapat meningkatkan semangat dan spirit kita untuk membangun Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM ke depan yang lebih maju. Selama kita menjalankan ibadah puasa kemarin sebulan penuh di bulan Ramadhan, kita dapat menjadi pribadi yang kuat, baik dari sisi iman, lahiriah, maupun jasmaniah” ucap Sri Ngulati.

Kemudian Sri Ngulati pun mengajak kepada keluarga besar Inspektorat Jenderal, untuk tetap menjaga semangat ibadah dan memaknai arti dari bulan suci  Ramadhan, dan hendaknya mampu mereformasi pola pikir (mindset) kita, agar dapat mewujudkan aparatur pengawas yang lebih baik lagi, sebagaimana tugas dan fungsi  kita dalam bekerja dan yang diharapkan oleh banyak pihak.

“Mulai sekarang, marilah momentum kebersamaan ini dalam ajang silaturahmi keluarga besar Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, sama-sama kita jadikan bahan evaluasi kita, dalam rangka untuk memperkuat tugas dan fungsi pengawasan secara Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif” ujar Sri Ngulati.

Usai pelaksanaan halal bihalal dan silaturahmi keluarga besar Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Inspektur Jenderal didampingi oleh para pimpinan tinggi madya serta sejumlah pejabat dan pegawai lainnya, berdiri didepan untuk saling berjabat tangan dan saling bermaaf maafan, dengan meniatkan diri untuk kembali kepada Fitrahnya, kembali suci, bagaikan seorang bayi yang baru lahir dari rahim seorang ibu. Red. humas itjen.

11-07-2016 Halal Bi Halal Itjen 5

11-07-2016 Halal Bi Halal Itjen 6

11-07-2016 Halal Bi Halal Itjen 8

11-07-2016 Halal Bi Halal Itjen 1

 

0