SEMANGAT KERJA PARA PESERTA REKON LK KEMENKUMHAM

23 Juli 2016 Penutupan Rekon Bandung 1
Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal, saat menutup acara kegiatan Rekon LK Kemenkumham semester I tahun 2106.

Pelaksanaan kegiatan rekonsiliasi data laporan keuangan Kementerian Hukum dan HAM semester I TA 2016 yang telah diselenggarakan selama tiga hari, secara resmi telah ditutup oleh Kepala Biro (Karo) Keuangan Sekertariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Siti Rohaniah, Jumat (22/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Panghegar - Bandung Jawa Barat ini, mempunyai tujuan untuk mendukung laporan keuangan dan menfalidasi data laporan keuangan pada program dan kegiatan yang diemban dan dikelola oleh masing-masing satuan kerja (satker).

Memberikan opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan di dalam laporan keuangan didasari pada kesesuaian standar akutansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian intern, guna mempertahankan opini WTP yang telah diraih .

"Laporan keuangan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah atas pelaksanaan APBN yang telah digunakan, dimana sebelum laporan keuangan dilaporkan kepada  Kementerian Keuangan, maka dilaksanakan pemeriksaan oleh BPK sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang nomor 17 tahun 2003” ujar Karo Keuangan.

Saat wawancara dengan kepala bagian Akuntansi dan Pelaporan (Aklap), yang juga selaku ketua panitia pelaksana kegiatan rekonsiliasi data laporan keuangan Padmono mengatakan bahwa hasil dari kegiatan ini nantinya terhadap falidasi data akan terinternalisasi, terekam atau tersimpan melalui aplikasi e-rekon-lk, aplikasi tersebut menggabungkan secara otomatis data transaksi memalui single data base.

“Kedepan, tidak akan ada lagi rekon internal seperti kegiatan sekarang ini, sudah langsung menggunakan aplikasi berbasis web (online), semuanya akan menggunakan satu data base (single data base), sehingga akan lebih efektif dari segi waktu dan efisien dari segi biaya" ujar Padmono.

Kegiatan yang diikuti oleh para pegawai yang menangani bidang keuangan pada masing-masing satuan kerja (satker) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM ini, menunjukan antipati dan semangat kerja  untuk dapat segera terselesaikannya tugas dalam penyusunan laporan keuangan yang berbasis aplikasi baru atau lebih dikenal dengan aplikasi e-rekon-lk.

Semangat kerja itu ditunjukan oleh seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut, bekerja hingga larut malam dan bahkan ada yang sampai dini hari, sesuai dengan slogan Kemenkumham "KAMI PASTI".

Aplikasi rekon berbasis web (online), juga bertujuan untuk mempermudah para K/L dalam menyusun LK secara mandiri guna mewujudkan keseragaman LK pada tiap level tingkatan akuntansi.

Dari kegiatan ini, Kementerian Hukum dan HAM juga berharap kedepannya nanti masih dapat mempertahankan opini WTP yang telah diraihnya dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) tahun 2016.    @red/foto : humas.itjen

23 Juli 2016 Penutupan Rekon Bandung 2

23 Juli 2016 Penutupan Rekon Bandung 3

0