KREATOR DAN INOVATOR UNTUK DAPAT TERUS BERKARYA

03-11-2016 Peresmian Pasar Inovatif dan Kreatif 1

Pasar Inovasi dan Kreatifitas Tahun 2016 di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM dengan tema “Indonesia Inovatif dan Kreatif”, di buka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, di Graha Pengayoman gd. Kemenkumham (03/10).

IMG 3775

"Kegiatan Pasar Inovasi dan Kreativitas semacam ini, dahulu sudah ada "HaKI Mart" begitu sebutannya, yang saat itu kantor HaKI masih berlokasi di Tangerang" Ujar Aidir Amin Daud Plt. Dirjen KI (dulu HaKI). 

Tujuan dilaksanakannya Pasar Inovasi dan Kreativitas adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan Kekayaan Intelektual (KI).

Selain itu juga, acara ini merupakan ajang pertemuan antara para Kreator dan pemilik KI untuk dapat bertemu dengan masyarakat pengguna, serta memberdayakan potensi KI sebagai salah satu aset ekonomi yang dapat mendukung pembangunan ekonomi nasional, tambah Plt. Dirjen KI.

IMG 3835

Di sela-sela acara, penyerahan sertifikat Indikasi Geografis (IG), dan  penyerahan Izin Operasional LMK bidang  Literasi Perkumpulan Reproduksi Cipta Indonesia (PRCI), di berikan oleh Menkumham Yasonna.

Acara-acara lainnya pada saat itu, diisi dengan kisah sukses petani kopi Mandailing dalam bentuk Talkshow, dengan tema “Mencetak Inovator Muda”. Dan ada kurang lebih 26 stand booth, yang mengisi acara tersebut di gedung Kemenkumham.

Selayang pandang atau berbagi pengetahuan mengenai konsep KI, perlombaan kreativitas berupa menggambar dan menyusun logo dan demo robotic, turut mengisi rangkaian acara di hari kedua pameran.

Sekitar 200 orang peserta dari berbagai pemangku kepentingan kekayaan intelektual seperti dari kalangan pemerintah, akademisi, pelaku usaha, kreator, seniman, inventor, pelajar (SD, SMP, SMA) dan pemangku kepentingan KI terkait lainnya, juga turut  hadir mengikuti jalannya acara pembukaan tersebut.

"Acara Pasar Inovasi dan Kreativitas, akan memberikan kontribusi yang sangat berharga bagi pelaksanaan sistem Kekayaan Intelektual di Indonesia, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para Kreator dan Inventor untuk dapat terus berkarya, sehingga mendukung pembangunan ekonomi nasional, sekaligus sebagai motor penggerak roda perekonomian bangsa" harap Menkumham dalam sambutannya.

IMG 3883

Kemudian diharapkan juga, para pemilik Kekayaan Intelektual dapat menambah ilmu yang berkaitan dengan strategi pemasaran maupun pengetahuan di bidang KI" jelas Menkumham menambahkan.

@red/foto : humas.Itjen

Untitled

 

0