UPP PUNGLI KEMENKUMHAM

IMG 4074

Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Irjen Kemenkumham) Aidir Amin Daud dikukuhkan sebagai Ketua Tim Pelaksana Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP PUNGLI) di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, Senin (07/11).

Pengukuhan ini dilakukan di saat Apel pagi Kementerian oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly, beserta beberapa orang atau pejabat lainnya yang masuk dalam Tim UPP Pungli disertai dengan  penyematan rompi hitam.

Pengukuhan tersebut dikuatkan oleh Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor: M.HH-06.PW.02.03 Tahun 2016 tanggal 02 November 2016 tentang Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Di bentuknya Tim UPP Pungli di Lingkungan Kemenkumham adalah sebagai tindaklanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) No 87 tahun 2016 tentang satgas Saber Pungli yang telah di keluarkan dan menjadi payung hukum di tiap Kementerian / Lembaga serta Pemerintah Daerah.

Sebagai bentuk keseriusan terhadap pemberantasan Pungli, para anggota Tim UPP Pungli Kemenkumham mengucapakan ikrar atau janji yang dibacakan langsung oleh Irjen Kemenkumham yang di kukuhkan sebagai Ketua.

Disadari bahwa percepatan pembangunan ekonomi yang dilakukan, dan program Reformasi Hukum adalah menjadi agenda strategis pemerintah saat ini.

Hal itu juga untuk memulihkan rasa kepercayaan publik kepada pemerintah terhadap sistem pelayanan, serta menciptakan keadilan yang berkepastian.

Reformasi Hukum yang telah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo meliputi 3 pilar utama, yakni:

1. Penataan regulasi yang berkualitas;

2. Pembenahan lembaga/aparat penegak hukum yang profesional dalam penegakan hukum;dan

3. Pembangunan budaya hukum untuk menciptakan budaya hukum yang kuat.

 

Tahap pertama Reformasi Hukum difokuskan pada 5 program prioritas, yaitu :

1. Pemberantasan pungutan liar;

2. Pemberantasan penyelundupan;

3. Percepatan pelayanan SIM, STNK, BPKB dan SKCK;

4. Relokasi penghuni LAPAS yang overkapasitas; dan

5. Perbaikan layanan hak paten, merk, dan design.

Statement keras dan tegas Menkumham dilontarkan kepada jajarannya, untuk tidak main main lagi terhadap Pungli.

IMG 4084

“Saya minta agar saudara JANGAN MAIN-MAIN LAGI DENGAN PUNGLI...!!! Jika masih ada yang kedapatan melakukan Pungli, saya tidak segan-segan akan mengambil tindakan tegas....!! Tidak ada toleransi lagi bagi jajaran Kementerian Hukum dan HAM yang terlibat dalam Pungli, tegas Yasonna pada Amanat Apel Pagi.

Selanjutnya Menkumham juga menceritakan dan menunjukan  keseriusannya dalam memerangi Pungli pada jajarannya.

"Kasus OTT salah satu petugas Kemenkumham oleh aparat penegak hukum pada salah satu satker di Wilayah Tanjung Redep Kalimantan Timur, segera kita proses, dan akan dipecat" ujar Yasonna menunjukkan keseriusan nya.

Menkumham berpesan kepada jajarannya, terutama kepada seluruh pimpinan Unit Eselon I, Kepala Kantor Wilayah, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis, untuk segera mengelaborasi dan menindaklanjuti secara  teknis pelaksanaan di Lingkungan kerja masing-masing sesuai dengan aturan yang telah ada.

@red/foto : humas.Itjen

Untitled

0