SISTEM BARCODE PADA PASPOR WNA

 IMG 0694

Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Aidir Amin Daud,  bersama Menteri Hukum dan HAM serta pimpinan tinggi lainnya pada jajaran Kementerian Hukum dan HAM, mengikuti kegiatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI, Kamis (19/01).

Kegiatan tersebut membahas perihal pengawasan orang asing yang merupakan bagian dari tugas dan fungsi Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

IMG 0688

Ditjen Imigrasi merencanakan akan membangun sebuah sistem baru, yang mana didalamnya akan mengatur mekanisme pengawasan orang asing yang dapat dibaca melalui sistem barcode pada stiker yang direkatkan pada paspor WNA saat datang ke Indonesia, ucap Yasonna H Laoly saat menjelaskan paparannya di hadapan para anggota dewan terhormat.

Sistem ini nantinya juga akan membantu Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dalam melakukan pengawasan dan juga untuk mengetahui keberadaan serta jumlah orang asing yang melakukan kunjungan maupun menetap di Indonesia.

Selain pembahasan sistem yang akan di bangun oleh Ditjen Imigrasi, pembahasan penambahan anggaran Kemenkumham Tahun 2017, juga menjadi pokok pembicaraan paling hangat saat itu.  red/foto : humas.itjen

IMG 0774

IMG 0729

IMG 0745

IMG 0693