APLIKASI SIPTL BPK DAPAT MENINGKATKAN PENYELESAIAN TINDAKLANJUT

IMG 3321

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sesuai UU melaksanakan tugas dan fungsi dalam melakukan pemeriksaan dan pemantauan tindak lanjutnya. Sampai dengan semester II Tahun 2016, informasi tindak lanjut (TL) temuan BPK kepada Kemenkumham adalah sebagai berikut :

1. Sesuai dengan rekomendasi sebanyak 496 rekomendasi 66,31% senilai Rp. 53.895.374.302,-

2. Yang belum sesuai dengan rekomendasi sebanyak 157 rekomendasi 20,99% senilai Rp. 170.164.367.295,-

3. Belum di tindaklanjuti sebanyak 95 rekomendasi 12% senilai Rp. 1.948.338.305,-

Berdasarkan informasi TL temuan BPK kepada Kemenkumham tersebut, ternyata yang belum sesuai rekomendasi masih ada sekitar 170 Miliar, jadi masih ada sekitar 25% lagi.

Pada sambutan Inspektur Jenderal Kemenkumham Aidir Amin Daud  mengajak kepada teman-teman dari Unit Eselon I, bagi yang belum menyelesaikan TL hasil pemeriksaan BPK baik audit kinerja atau audit dengan tujuan tertentu, dapat menyelesaikan dan menindaklanjutinya degan baik, ajakannya pada kegiatan Workshop Aplikasi Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) BPK.

Selama ini data TL hasil pemeriksaan BPK dilaporkan ke BPK secara manual dan akan digantikan dengan data elektronik melalui sebuah sistem yang berbasis web yang dikembangkan oleh BPK sehingga proses dan status TL dari data yang disampaikan oleh entititas dapat diketahui dan diakses secara real time.

Workshop Aplikasi SIPTL BPK dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkumham dibuka secara langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham dan dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Perwakilan Auditor dan Operator dari masing-masing Inspektorat Wilayah Inspektorat Jenderal Kemenkumham dengan narasumber dari BPK RI, bertempat di Auditorium Inspektorat Jenderal Kemenkumham Gd. Ex. Sentra Mulia Lt. 16.

Dengan adanya Workshop ini, diharapkan dapat meningkatkan penyelesaikan TL hasil pemeriksaan secara tepat, mudah dan dapat dipantau secara sistematis serta hambatan-hambatan penyelesaian TL dapat dicarikan solusinya, harapan Aidir.

IMG 3360

Aplikasi ini berbasis online, jadi dapat diakses dimanapun asalkan ada internetnya dan ada device yang bisa akses tersebut, ucap Farid Bintoro Aji Pemeriksa Muda BPK RI.

Aplikasi SIPTL merupakan suatu media atau alat sehingga Kemenkumham wajib menindaklanjuti apa yang direkomendasikan oleh BPK dengan cepat dan tepat, sesuai dengan Peraturan BPK Nomor 2 tahun 2017 bahwa APIP merupakan salah satu unit yang berpartnership dengan BPK dalam hal tindaklanjut hasil pemeriksaan, ujar Sulung Setio Amboro, Kepala Sub Direktorat Evaluasi dan Pelaporan Pemeriksaan Kinerja BPK RI.

Sulung menambahkan, aplikasi ini masih akan dkembangkan lebih lanjut, khususnya kebutuhan informasi yang diperlukan. Jadi jika ada kebutuhan dari K/L terkait tindaklanjut temuan BPK, dapat menghubungi kami, tambahnya. @red/foto : humas.itjen

IMG 0723

IMG 0734

IMG 3338

 

0