YAKINKAN DIRI BAHWA MASA ITU AKAN DATANG

IMG 3460

Seperti biasanya setiap Senin pagi di lapangan merah gedung Kementerian Hukum dan HAM, kumpulan orang-orang berseragam biru-biru berkumpul untuk mengikuti kegiatan apel pagi.

IMG 3223

Saat itu untuk kali kedua di tahun 2017, Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM mendapatkan giliran untuk menjadi petugas apel. Bertindak sebagai inspektur apel Aidir Amin Daud (Inspektur Jenderal) dan sebagai komandan apel Ricky Ardiles (Auditor Muda).

Dalam arahan Inspektur apel, ditengah-tengah banyaknya pegawai yang menghadiri kegiatan tersebut, Inspektur Jenderal merasa bangga atas antusias pegawai yang mulai menyadari akan pentingnya kegiatan-kegiatan semacam ini.

IMG 3263

“Kemarin ada isu (hoax), yang katanya hari Senin (27/03) libur bersama (hari kejepit), selain libur bersama (28/03) yang telah ditetapkan secara resmi oleh Pemerintah (hari raya Nyepi tahun baru saka 1939). Kalau saya potret dari sini (podium), jumlah pegawai yang hadir kali ini cukup banyak dari biasanya. Dan itu berarti mindset kita sudah mulai berubah. Saya bangga kepada saudara-saudara karena mau melakukan perubahan itu” ucap Aidir.

Banyak perubahan-perubahan yang telah dilakukan oleh jajaran Kementerian Hukum dan HAM, bukan hanya pada tingkat bawah saja, melainkan juga pada tingkat pimpinan tingginya. Kementerian Hukum dan HAM telah berusaha menghadirkan suatu sistem yang baik sebagai sarana untuk mengawal proses dari perubahan tersebut.

Dalam hal pola pengembangan karier dan peningkatan disiplin pegawai serta transparansi dalam pemilihan pejabat tinggi, Inspektur Jenderal Aidir Amin Daud juga memberikan keyakinan sekaligus contoh dalam pelaksanaan open bidding yang telah dilakukan oleh Kementerian yang baru saja dilakukan kepada seluruh pegawai yang mengikuti apel pagi.

“Kita telah berusaha menghadirkan satu sistem baru dalam pemilihan pejabat tinggi yang benar-benar transparan dan tidak ada intervensi. Saudara saudara harus yakin akan masa depan saudara, saudara akan memasuki masa ini dan kita berharap perjalanan kita kedepan akan lebih baik lagi” tegas Irjen.

Di penghujung sambutannya, Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM berpesan kepada seluruh peserta apel bahwa kita harus mampu secara perlahan merubah pola pikir dan yakin bahwa semua orang akan datang masanya.

“Semua orang akan datang masanya, dan semua masa akan diisi oleh orang yang dipilih dalam masa itu” imbuh Aidir.@red/foto : humas.itjen

IMG 3213

IMG 3462