KEMENKUMHAM KEMBALI MENCETAK REKOR DUNIA

IMG 4417

Kembali Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mencatat sejarah baru memperoleh penghargaan rekor MURI yang diberikan oleh Musium Rekor Indonesia dalam tingkat Dunia.

Pemecahan rekor MURI tersebut diberikan dalam kegiatan yang dilakukan secara serentak membaca Khatam Al-Qur’an oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalam Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang berada diseluruh Indonesia.

Kemenkumham memang layak mendapatkan penghargaan tersebut, karena hampir sekitar 57.360 orang WBP membaca Al-Quran secara bersama-sama sampai dengan selesai (30 Juz/ Khatam).

IMG 4113

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh Lapas dan Rutan se-Indonesia sebanyak 478 UPT, dimana setiap UPT membentuk kelompok yang terdiri dari 120 orang sebagai pembaca utama untuk mengkhatamkan 30 juz, sehingga total qori sebanyak 57.360 orang” ujar Dirjen Pemasyarakatan I Wayan K Dusak dalam laporannya.

Selain itu, kegiatan khatam Al-Qur’an ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan menyambut hari Bhakti Direktorat Jenderal Pemasyarakatan ke-53, yang puncak pelaksanaannya akan diselenggarakan pada tanggal 27 April 2017 nanti, serta menyongsong hari raya Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW.

Kegiatan khatam Al-Qur’an yang dipusatkan pada Rumah Tahanan Negara Kelas I Cipinang (20/4), dihadiri oleh  sejumlah Menteri diantaranya Menteri Hukum dan HAM, Menteri Agama, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Pemuda dan Olahraga, Ketua MURI, Anggota DPR-RI, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Inspektorat Jenderal Kemenkumham, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Dengan semangat yang menggelora, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly dalam sambutannya ingin mengajak kepada seluruh WBP maupun jajarannya serta tamu undangan yang hadir, bahwa kegiatan ini bukanlah kegiatan seremonial semata, namun harus terus dilaksanakan (membaca Al-Qur'an) setiap hari agar terhindar dari perbuatan-perbuatan yang tidak diinginkan.

IMG 4508

“Kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan di seluruh Indonesia, marilah kita menggerakkan hati dan menjadikan kegiatan ini sebagai sarana introspeksi diri serta momentum untuk kembali mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan selalu berdoa dan berupaya meningkatkan kualitas ibadah kita, agar kita kembali menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat” ujar Yasonna.

Ketua Musium Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana mengakui bahwa belum pernah ada terjadi kegiatan yang dilakukan secara bersamaan dengan jumlah yang begitu besar, membaca Al-Qur’an hingga khatam.

IMG 4331

“Belum pernah ada di planet bumi ini, begitu banyak dan secara serentak Narapidana melakukan membaca Al-Quran secara bersama-sama dan ini untuk yang kedua kalinya Kemenkumham melakukannya” ucap Ketua MURI.

Kemudian pemberian penghargaan rekor MURI Khatam Al-Qur’an tersebut di berikan oleh ketua MURI melalui sahabat kentalnya H.A. Muhaimin Iskandar (Cak Imin) kepada Menkumham, Dirjen Pemasyarakatan, serta perwakilan WBP, ditetapkan dan dicatat bukan hanya dalam lingkup Indonesia saja, tetapi juga dalam lingkup Dunia.

“Rekor ini saya berikan bukan hanya tercatat di Indonesia saja, tetapi juga tercatat dalam Rekor Dunia” tegas Jaya Suprana. Kemudian pemberian penganugerahan piagam penghargaan tersebut disambut dengan tepuk tangan yang begitu meriah oleh seluruh hadirin serta Warga Binaan Pemasyarakatan. Red/Photo : humas.itjen

IMG 4097

IMG 4407

IMG 4099

IMG 4149

IMG 4173

IMG 4204

0