MENKUMHAM : JANGAN SESALKAN SAYA, KALAU KENA OTT

IMG 5649

Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Aidir Amin Daud menghadiri Pelantikan sekaligus menjadi saksi bersama Sekretaris Jenderal Bambang Rantam Sariwanto dalam acara Pelantikan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM di ruang Lounge Lt. 7 Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Senin (8/5).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenkumham.

Pelantikan kali ini bukan sekedar pemutaran biasa, bahwa pelantikan ini adalah proses pergantian dalam upaya menyelamatkan Kemenkumham dari persoalan-persoalan yang sering mendera Kemenkumham, secara khusus pada persoalan-persoalan Pemasyarakatan.

Beberapa kejadian di jajaran Pemasyarakatan yang sangat serius memerlukan pandangan yang konprehensif, terukur dan nyata pada kejadian terakhir ini dan bukan kejadian yang pertama serta beberapa rangkaian peristiwa-peristiwa sebelumnya.

Tetapi peristiwa Rutan Pekanbaru yg menjadi trending topik pemberitaan beberapa hari lalu, membuat Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menjadi sangat malu. Apa yg berulang kali Yasonna tegaskan terkait kemenkumham bebas dari pungli ternyata hanya hisapan jembol belaka, faktanya masih banyak pemain pungli di jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang belum terdekteksi dan belum terdeteksi perubahan mindset apa yg kita harapkan, ucapnya.

IMG 5621

Untuk itu, jangan segan-segan mengambil tindakan keras, kalau itu memang dibutuhkan. saya memberi otoritas kepada saudara untuk melakukan pembersihan kepada oknum-oknum yang tidak benar, perintah Yasonna kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau I Dewa Putu Gede yang baru saja dilantik.

Oleh karena itu, "pimpinan menunjuk saudara untuk mengelola dengan penuh tanggung jawab dan lakukan yang terbaik".

IMG 5745

Yasonna menegaskan, "jangan sesalkan saya kalau nanti ada yang tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT), tegasnya. Untuk itu, kalau ini tidak kita lakukan, borok-borok itu akan tetap jadi penyakit. Kendati, berapa baiknya prestasi yang telah kita capai.

Kita mendapat penghargaan dan prestasi pengelolaan anggaran terbaik, namun tidak ada gunanya hanya gara-gara nilai setitik rusak susuk sebelanga, imbuhnya.

Mari kita berikan yg terbaik untuk bangsa. Cukup sudah perilaku-perilaku yang tidak bertanggungjawab, ajakannya. Kita mau supaya jajaran Kemenkumham melakukan tugas dan tanggungjawabnya secara bertanggungjawab sesuai dengan tugas dan fungsi yang diembankan negara kepada kita dan tidak melakukan upaya-upaya yang tidak terpuji tersebut.

Kalau masih ada kejadian, ini bukan yang terakhir, pasti ada yang berikutnya. Tetapi Yasonna berharap, ini yg terakhir yg dilakukan oleh saudara-saudara dengan baik.

Saya akan mengambil tindakan keras dan tegas untuk hal-hal tersebut, tegasnya. Red/Photo:humas.itjen

IMG 5772

IMG 5789