OLGA MENJADI JUARA DALAM LOMBA MEMBACA NASKAH PROKLAMASI DI KEMENKUMHAM

IMG 1957

Wanita paruh baya berparas cantik dengan menggunakan seragam ala pejuang Indonesia tahun ‘45, memenangkan lomba membaca naskah proklamasi kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM, dilapangan upacara gedung Kementerian Hukum dan HAM, Kuningan – Jaksel (14/8).

Olga Magdalena, peserta lomba yang juga sebagai pegawai pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, memenangkan lomba dan masuk sebagai juara pertama, karena ekspresi membacakannya penuh dengan penghayatan dan penjiwaan, serta berpenampilan ala pejuang tempo dulu, walaupun sebelumnya Olga telah mengeluarkan kocek dari kantongnya sendiri untuk bisa mendapatkan seragam perjuangan tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Syahrul Azhar koordinator panitia lomba dari Itjen Kemenkumham, Ibu Olga layak mendapatkannya, karena dia memang menghayati dan menjiwai saat membacakannya, serta menggunakan seragam pejuang nasional.

Kegiatan lomba yang mengambil tema "Merdeka Jiwa Raga Berkarya Untuk Indonesia", menyiapkan hadiah-hadiah yang cukup menarik bagi para peserta.  Pemenang pertama mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta, Rp 4 juta untuk juara kedua, dan Rp 3 juta untuk juara ketiga. Selain itu, sebagai juara harapan juga diberikan hadiah berupa Rp 2 juta bagi pemenang harapan 1, harapan 2 Rp 1,5 juta dan harapan 3 mendapatkan Rp 1 juta. Selain itu para pemenang lomba juga mendapatkan piagam penghargaan atas perjuangannya mengikuti lomba.

“Saya bangga bisa masuk sebagai juara pertama, dan mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 5 juta rupiah” ucap Olga, setelah turun dari atas panggung.

Dari 66 orang peserta yang mendaftar dan mengikuti lomba, terpilih 6 orang terbaik sebagai juaranya. Sebagai juara pertama diraih oleh pegawai dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Olga Magdalena, juara kedua Muarif Khahim juga dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, juara ketiga dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Sucipto, juara harapan satu dari Sekretariat Jenderal Syarah Tuti Alawiyah, dan juara harapan dua dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Erika Rahmaddianuh, serta sebagai juara harapan ketiga Barkahwati dari Inspektorat Jenderal. Seluruh peserta dan juga pemenang dalam kegiatan lomba tersebut, merupakan pegawai dari unit eselon 1 di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

IMG 3536

Lomba membaca naskah Proklamasi merupakan salah satu agenda yang turut diacarakan serta diperlombakan, dalam rangka menyambut bulan semarak Kemerdekaan RI tahun 2017 di Kementerian Hukum dan HAM. Lomba ini diadakan bukan hanya untuk kaum pria saja yang notabenenya mirip sebagai Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno, tetapi juga dibuka untuk wanita, para kartini Kementerian Hukum dan HAM. Hal ini dapat dibilang kegiatan yang unik dan mungkin belum pernah dilakukan. Terbukti bahwa yang menjadi pemenang dan sebagai juara pertamanya adalah dari kaum wanita.

Penilaian lomba membaca naskah proklamasi pada Kementerian Hukum dan HAM, dinilai oleh 3 orang juri yang independen, yang diambil dari Universitas Nasional Jakarta dan Institut Kesenian Jakarta. Ketiga orang dewan juri ini, menilai secara obyektif dan penuh ketelitian, untuk memilih para calon juaranya.

Lomba ini juga dimeriahkan oleh para pimpinan tinggi di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, yang ikut menjadi peserta dan dinilai oleh tim dewan juri. Namun demikian, para pimpinan tinggi ini tidak mendapatkan hadiah menarik seperti peserta lainnya, hanya mendapatkan piagam penghargaan saja.

IMG 1948

Pemenang pertama pada tingkat pimpinan tinggi diraih oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto, pemenang kedua diraih oleh Inspektur Wilayah IV Itjen Kemenkumham Khairuddin dan pemenang ketiga adalah Kepala Biro Umum Setjen Kemenkumham Ferdinand Siagian.

Lomba membaca naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dibuka bersamaan dengan pelaksanaan apel pagi di unit pusat Kementerian Hukum dan HAM. Sebelum apel pagi berakhir, Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Y. Ambeg Paramarta, yang juga sebagai pembina apel saat itu, membuka secara resmi kegiatan lomba membaca naskah Proklamasi RI di Kementerian Hukum dan HAM.

IMG 1404

“Kepada peserta, saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan lomba, dan dengan mengucapkan Bassmalah (Bismillahirrohmannirrohiim), acara lomba membaca naskah Proklamasi Kemerdekaan RI, saya nyatakan di buka” ujar Ambeg, saat menutup sambutannya.      @red/poto : humas.itjen

IMG 1773

IMG 1770

IMG 1367