INSPEKTUR JENDERAL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM MENJADI NARASUMBER DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN

 WhatsApp Image 2017-09-08 at 11.39.311

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aidir Amin Daud menjadi narasumber pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang bertempat Fakultas Hukum Universitas Pasundan, Bandung, Kamis (07/09).

Pancasila sebagai ideologi negara memiliki paham integralistik, yaitu mengandung semangat kekeluargaan dalam kebersamaan, memiliki semangat kerja dan gotong royong, dan mengutamakan musyawarah untuk mufakat.

Sehingga pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ada 3 aspek, antara lain Religius, Toleransi, dan Semangat Kebangsaan. Dimana kita harus mempunya sikap dan perilaku yang patuh dan taat terhadap agama yang dianut serta memiliki rasa toleran pada umat beragama lain sehingga selalu hidup rukun dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, ucap Aidir.

Tidak hanya itu, kita juga harus memiliki sikap dan tindakan yang menghargai setiap perbedaan, baik perbedaan, baik perbedaan suku, agama, budaya, maupun bahasa demi keutuhan NKRI dan memiliki cara berpikir yang selalu menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok, tambahnya.

Sebagai pedoman, dasar, tujuan ideal, mengilhami kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Budaya dan etika akademis yang sesuai dengan pancasila serta kampus sebagai “moral force” pengembangan dan penegakan hukum dan HAM yaitu cara untuk mengaktualisasikan pancasila dalam kehidupan kampus, imbuhnya. Red/Photo: Humas.itjen

WhatsApp Image 2017-09-08 at 11.39.312