KEMENKUMHAM PERKUAT TIM UPP

IMG 3486

Kerawanan pungutan liar (Pungli) yang sering terjadi dalam melayani masyarakat, akan terus dipantau oleh Unit Pengendalian Pungutan Liar (UPP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), dan akan dilakukan pemetaan.

Tangerang - Jajaran Kemenkumham bertekad ingin mewujudkan instansinya yang bersih dan terbebas dari segala macam bentuk pungutan liar.

Hal ini dikemukakan oleh staf ahli Menteri Hukum dan HAM bidang Penguatan Reformasi Birokrasi F. Haru Tamtomo,  dihari pertama pembukaan rakor UPP yang diselenggarakan di hotel Novotel Tangerang, Minggu (17/9).

"Mari sama sama, kita wujudkan pelayanan masyarakat yang bersih dan terbebas dari segala bentuk pungli" ucapnya, dihadapan peserta rakor.

Selain tujuannya untuk penguatan peran tim saber pungli Kemenkumham, kegiatan rakor ini juga mempunyai misi mengawal proses penerimaan calon  PNS (CPNS) yang bersih dari pungli dan KKN.

"Kita kawal dan layani proses penerimaan CPNS ini hingga selesai, dan yakini semua tidak ada pungli" tutur Haru Tamtomo.

Dalam kesempatan yang sama, hal serupa juga dikatakan oleh orang nomor satu di jajaran Kemenkumham, Yasonna H Laoly.

Yasonna menginginkan, tidak mau lagi mendengar adanya keluhan dari masyarakat tentang kesulitan dalam hal pelayanan, tanpa pungli dan korupsi.

"Jujur saya katakan, saya masih mendengar orang mengeluh kesulitan mengurus hak-hak warga binaan pemasyarakatan, layani dengan baik" himbau Yasonna kepada jajarannya.

Sementara itu, dalam waktu belakang ini, beberapa pejabat negara terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh aparat penegak hukum karena melakukan pungli.

Padahal Presiden Jokowi sudah sering kali menunjukkan keseriusanya untuk memberantas setiap bentuk pungutan liar. Dan seharusnya, ini diikuti oleh jajaran pemerintahan dibawah kepemimpinannya.

Dalam keseriusannya memerangi pungli, Kemenkumham telah membentuk tim UPP, dibawah kendali Menkumham, sejak beberapa bulan lalu (tahun 2017).

Dan saat ini, tim UPP Kemenkumham dikumpulkan untuk memetakan titik rawan pungli, bersamaan juga dengan jajaran Kemenkumham sedang melaksanakan perekrutan CPNS tahun 2017. Red/Photo : Humas.itjen

"Berikan layanan terbaik pada penerimaan CPNS tahun ini, waspadai terhadap calo" pesan Yasonna.

"Kalau pungli dibiarkan, kita akan terjebak kepada jurang kehancuran. Semua ada dipundak kita" tambah Yasonna, dalam arahannya kepada peserta rakor UPP Kemenkumham. Red/Photo : Humas.itjen

IMG 3508

IMG 3479

IMG 3518