DITJEN AHU BERUPAYA MENDAPATKAN SERTIFIKAT PLATINUM

IMG 5318 

Sekretaris Inspektorat Jenderal Luluk Ratnaningtyas, Inspektur Wilayah IV Khairuddin, dan Inspektur Wilayah V Siti Honiyah di lingkungan Itjen Kemenkumham menghadiri Peresmian Gedung Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) dan malam Dharma Karya Dhika Tahun 2017 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kemenkumham Kuningan, Jakarta (25/10).

Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Madya, Staf Ahli, Staf Khusus, Pimpinan Tinggi Pratama, Ketua Oumbudsman RI, Amir Syamsudin dan Undangan Lainnya.

Pada malam hari ini merupakan malam yang sangat istimewa sekali, khususnya bagi Kemenkumham. Dimana, malam ini tidak hanya peresmian gedung Dirjen AHU melainkan malam Dharma Karya Dhika tahun 2017. Karena memang beberapa hari lagi tepatnya tanggal 30 Oktober 2017, kita bersama akan merayakan Hari Dharma Karya Dhika dan untuk tema 2017 ini, “Kerja Bersama Kami PASTI Melayani”.

Pada Tahun 2000, Ditjen AHU terbentuk sebagai hasil pemekaran Ditjen Hukum dan Perundang-undangan (Ditjen Kumdang). Dimana Ditjen Kumdang bertransformasi menjadi 2 Unit Eselon I yaitu Ditjen Peraturan Perundang-undangan (Ditjen PP) dan Ditjen AHU.

Kemudian, Gedung Ditjen AHU terbakar pada tahun 2013 sehingga menyebabkan Keluarga Besat Ditjen AHU sementara waktu menempati gedung Ex. Sentra Mulia. Dan tahun 2016 dimulai kembali pembangunan Gedung AHU hingga dipengunjung tahun 2017 bertepatan dengan HDKD, sehingga Keluarga Ditjen AHU dapat kembali ke gedung yang telah ditinggalkan sejak tahun 2013 silam.

Gedung Ditjen AHU baru ini dirancang dengan konsep “Smart and Green Building”, dengan keunggulan antara lain High Performance dan High Security. Selain itu dengan Smart Technology antara lain Smart Elevator, Smart Door, Sensor Vilar dan Teknologi cerdas lainnya yang futuristis, low energy, water treathment sehingga tidak diperkenankan adanya ruang rokok sehingga rumah baru Ditjen AHU ini ramah lingkungan dan menjadi kandidat untuk mendapatkan sertifikat Green Building serta terus meningkatkan kinerja Ditjen AHU.

Dimana, Gedung Ditjen AHU adalah salah satu gedung Pemerintah yang mendapatkan Green Sit Sertification in Progress karena Ditjen AHU akan meningkatkan ke arah Green Building dengan sertifikat yang lebih baik. Sekarang Ditjen AHU mendapatkan sertifikat Gold, kedepan kita akan berupaya untuk mendapatkan sertifikat Platinum, ucap Freddy Haris Dirjen AHU Kemenkumham.

Freddy berharap, semoga dengan gedung baru ini, pegawai Ditjen AHU memiliki semangat baru untuk melayani masyarakat.

Kemudian Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengatakan, gedung Ditjen AHU baru ini membuat para staf nyaman dan penggunaan energi yang efisien, sehingga pekerjaan yang sudah baik, pelayanan publik sangat baik, mendapat penghargaan dari pemerintah maupun swasta dan termasuk salah satu penerima PNBP terbesar di Kemenkumham akan melahirkan lagi produktifitas-produktifitas yang semakin lebih tinggi, pesannya.

Bukan sebaliknya nyaman akhirnya jadi tidur. Tetapi justru dengan kenyamanan akan mendrive menjadi inovatif, menjadi lebih semangat lagi, dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan negara, tambahnya.

Saya percaya, Kemenkumham tahun depan akan menjadi lebih baik lagi. Dan AHU dengan gedung baru akan jauh lebih baik lagi, harapnya.

Peresmian Gedung Ditjen AHU diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM dengan menggunakan topi koboy dan penembakan yang dituju kepada Screen. Selain itu dilakukan penandatangan prasasti gedung Ditjen AHU oleh Menkumham dan penandatangan prasasti Pusat Pelayanan Hukum Terpadu yang oleh Dirjen AHU.

Selanjutnya penyerahan dua kendaraan hibah dari Direktur Utama Bank Negara Indonesia yang digunakan untuk layanan AHU Online, yang diserahkan kepada Menkumham. Dan Dirut BNI menyerahkan akses lift berupa Tapcash kepada Menkumham dan Dirjen AHU, diman kartu ini juga bisa sebagai akses lift Gedung Ditjen AHU.

Kemudian, Ditjen AHU mendapatkan ISO 9012-2015 tentang Quality Manajemen System Layanan Fidusia dan Layanan Perseroan Terbatas dari Direktur Utama IOP Grup Indonesia. Red/Photo: Humas.itjen

 

IMG 5374

20171025 192558

IMG 5328