ITJEN KEMENKUMHAM MEMBERIKAN PENGHARGAAN

DSC 0410

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan penghargaan kepada Satuan Kerja (Satker) Unit Eselon I dan Kantor Wilayah di lingkungan Kemenkumham atas prestasi yang diraihnya pada Tahun 2017 antara lain :

1.       Tertib Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Itjen Kemenkumham,

2.       Tertib Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI,

3.       Tercepat dalam pembentukan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG),

4.       Tercepat dalam pembentukan Unit Layanan Pengaduan (ULP),

5.       Respon Tercepat dalam menindaklanjuti Pengaduan,

6.       Penyampaian Pelaporan Gratifikasi Tercepat,

7.       Tercepat dalam Pelaporan E-LHKASN.

Penghargaan ini diserahkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto yang didampingi Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham Aidir Amin Daud kepada para pemenang dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2017 yang bertempat di Hotel Aston Sentul, Bogor (28/11).

Dimana penghargaan ini, untuk menjadi motivasi Unit Eselon I dan Kanwil lainnya serta dapat meningkatkan kinerja Kemenkumham yang PASTI.

Selain itu, Itjen Kemenkumham juga menayangkan Video e-Gov Penguatan Pengawasan melalui Aplikasi UPG, WBS, LHKASN dan SIMPLE. Aplikasi SIMPLE adalah Sistem Informasi Manajemen Pelaporan yang merupakan pengembangan dari aplikasi yang sudah ada antara lain Aplikasi SIMWAS (Sistem Informasi Pengawasan) yang dimiliki oleh Itjen Kemenkumham.

Sehingga aplikasi yang dimiliki Itjen Kemenkumham dapat menguatkan dan meningkatkan peran Itjen Kemenkumham, meningkatkan kinerja dan kualitas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Itjen Kemenkumham serta dapat memonitoring dan mengevaluasi atas tindak lanjut hasil temuan BPK RI dan Pengawasan Itjen, ucap Aidir pada saat menyampaikan Laporan Penyelenggara.

Selanjutnya, APIP sebagai pengawas intern sangat berperan dalam melaksanakan pengendalian intern dan melengkapo pengendalian ekstern yang dilaksanakan oleh lembaga lain seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Badan maupun lembaga lainnya, ucap Sekjen Kemenkumham

Bambang Rantam Sariwanto membacakan Sambutan Menkumham pada acara Rakorwas Kemenkumham Tahun 2017 sekaligus membuka secara resmi ditandai dengan pemukulan gong.

Diharapkan dalam melaksanakan fungsi pengawasan tidak hanya mampu menyajikan temuan dan laporannya saja, namun juga melakukan penataan dan penyempurnaan sistem, struktur kelembagaan, dan prosedur pengawasan yang independen, efektif, efisien, transparan dan memberikan bimbingan atas kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas aparatur, harapnya kepada Itjen Kemenkumham.

Serta mampu mendorong terwujudnya kepemerintahan yang baik melalui kebijakan pengawasan dan dapat memberikan masukan yang konstruktif dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi, tambahnya.

Rakorwas yang dihadiri oleh 167 Peserta dari Unit Eselon I dan Kanwil di lingkungan Kemenkumham berlangsung selama 3 hari dari tanggal 28-30 November 2017 yang bertempat di Hotel Aston Sentul Bogor. Red/Photo: Humas.itjen

IMG 2675

IMG 7652

IMG 7568

DSC 0295

DSC 0662