MENKUMHAM: JAGA INTEGRITAS DAN MAU BEKERJA KERAS

IMG 0266

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menghadiri kegiatan Pembukaan Orientasi CPNS di lingkungan Kemenkumham secara serentak Tahun 2017 yang dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly dengan tema “Sinergitas Orientasi yang berkualitas untuk memperkokoh E-Gov Pasti Good Govermant” yang bertempat di Balai Kartini Jakarta (22/01).

Peserta orientasi CPNS di lingkungan Kemenkumham sebanyak 17.528 Orang yang terdiri dari 282 orang formasi Unit Utama dan 17.246 Orang formasi Kantor Wilayah (Kanwil) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara serentak dan dilakukan melalui jaringan video teleconference dari Ballroom Kartika Expo Balai Kartini Jakarta kepada seluruh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Sebelumnya, pada Tahun 2017, proses penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham telah diawali dengan proses recruitment CPNS yang dilaksanakan secara kompetitif, transparant dan akuntabel yang didukung dengan sistem informasi. Sehingga untuk meningkatkan kualitas CPNS serta memberikan motivasi sebelum bertugas, Kemenkumham mempunyai kebijakan untuk memberikan orientasi bagi CPNS yang telah dinyatakan lulus dan diterima sebagai pegawai di lingkungan Kemenkumham.

Dimana, orientasi ini dimaksud untuk memberikan pembekalan terkait unit organisasi, tugas dan fungsi Kemenkumham serta pembentukan karakter yang mengacu pada Tata Nilai Kemenkumham, “KAMI PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparant dan Inovatif) ditempat tugasnya, ucap Bambang Rantam Sariwanto Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham pada Laporan Kegiatannya.

Sehingga, para CPNS yang akan menjadi ASN Kemenkumham, akan menjadi manusia yang berintegritas, beretika, bermoral dan Profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai ASN, tambahnya.

Kemudian, Yasonna mengingatkan kembali, “jaga integritas mu dan bekerja keras”.

Saya selalu mengatakan, “kerja keras, kerja lebih keras, kerja lebih keras lagi”. Itu resep orang sukses. Kalau kamu ingin sukses, kerja keras, kerja lebih keras, dan kerja lebih keras lagi.

Selamat kepada kamu-kamu semua, selamat berada di Kemenkumham menjadi bagian dari Kemenkumham dan sampaikan salam kami kepada Orang Tua kalian semua, serta buat orang tuamu bangga kepada mu, jangan buat ortu menangis karenamu. Karena proses kamu disini, berat dan panjang sekali.

“Its long… long… Way. Its Long Way”.

Kemudian, Asman Abnur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) mengucapkan kepada kalian yang terpilih, karena anda adalah orang yang terpilih diantara begitu banyaknya peserta yang ingin menjadi PNS di lingkungan Kemenkumham dari 37.138 orang formasi yang disetujui dan yang telah mendaftar sebanyak 2.433.656.

“Dimana yang diterima itu adalah Anda yang pake baju putih pada saat hari ini”, ucapnya.

Karena dengan sistem recruitment yang diterapkan sekarang, seseorang tidak gampang bisa menjadi PNS.

Selain itu, Asman juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenkumham, karena telah melaksanakan sistem seleksi yang benar-benar bisa dijadikan contoh untuk seleksi-seleksi berikutnya.

Sehingga, Tahun 2018 akan dibuka lagi formasi dengan sistem penyelenggaraan yang lebih ketat lagi, dengan sistem tes yang lebih berkualitas lagi. Dengan sistem recruitment yang baik, saya yakin ASN kita akan menjadi ASN yang bermutu, ucapnya.

Selanjutnya, Bima Haria Wibisana Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyampaikan, PNS yang baru masuk ini harus ditetapkan pada formasi yang diperuntukkan dan ditempatkan pada lokasi yang seharusnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2007, ucapnya.

“Jadi, jika ditempatkan pada formasi dan lokasi yang berbeda, nanti akan berdampak pada administrasi kenaikan pangkat”.

Selain itu, dalam rangka pemenuhan kompetensi ASN, mudah-mudahan ASN dalam PP 11 Tahun 2017 telah mengamanatkan bahwa setiap ASN memiliki jam wajib latihan untuk meningkatkan kompetensi, ujar Adi Suryanto Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Adi berpesan kepada seluruh ASN, jadilah ASN yang tiap hari di dalam pikiran lubuk hatinya selalu senantiasa ingin terus menerus meningkatkan, mengembangkan kompetensinya sehingga kita betul-betul mengabdikan diri kita untuk bangsa dan negara secara sepenuh hari dengan kemampuan kita yang utuh.

Setelah pengarahan dari Menkumham, Menpan RB, Kepala BKN, dan Kepala LAN dilanjutkan dengan penyerahan simbolis Surat Keputusan Pengangkatan CPNS Tahun 2017 di lingkungan Kemenkumham yang diserahkan oleh Menkumham, Menpan RB, Kepala BKN, Kepala LAN dan Sekjen Kemenkumham. Red/Photo: Humas.itjen

IMG 0153

IMG 0206

IMG 9981