INI PESAN SEKRETARIS ITJEN KEMENKUMHAM KEPADA CPNS BARU

WhatsApp Image 2018-01-31 at 11.32.45

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus bekerja dengan passion dan integritas. Passion dibutuhkan agar pegawai mencintai pekerjaan sesuai dengan jabatan yang dilamar. Sedangkan integritas dibutuhkan agar pegawai dapat berkontribusi secara positif bagi Kementerian Hukum dan HAM. Perpaduan unsur-unsur di atas merupakan jalan untuk menjadi pribadi yang kompetitif.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Luluk Ratnaningtyas, ketika memberikan pembekalan kepada CPNS di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Kalimantan Selatan yang bertempat di gedung Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (31/1/2018).

"Anda termasuk pribadi yang luar biasa karena Anda terpilih dari sekian juta pelamar yang ada. Maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Jangan kotori pekerjaan dengan hal-hal yang melanggar seperti melakukan pungli dan penyalahgunaan narkoba. Jadikan pekerjaan sebagai bagian dari ibadah. Tantangan pekerjaan Anda tidak mudah, karenanya harus dibentengi dengan nilai-nilai agama", tandas Sekretaris Inspektorat Jenderal.

Pembekalan CPNS oleh Pejabat Pimpinan Tinggi dari pusat merupakan bagian dari salah satu dari tugas Tim Pemantauan Orientasi CPNS di lingkungan Kemenkumham. Tim Pemantauan dibentuk dengan Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Nomor SEK-02.KP.02.01 Tahun 2018. Tujuan pembentukan Tim sendiri adalah untuk menjamin kualitas penyelenggaraan Orientasi CPNS, guna membentuk aparatur sipil negara yang profesional, akutabel, sinergi, transparan dan inovatif.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Inspektorat Jenderal juga memantau sejumlah aspek dari pelaksanaan orientasi CPNS seperti pelaksanaan kegiatan, narasumber dan sarana/prasarana. Aspek pelaksanaan kegiatan meliputi ketepatan waktu, kelengkapan materi, sikap penyelenggara dan alat bantu. "Aspek narasumber meliputi penguasaan materi, cara penyampaian, interaksi dan penggunaan alat bantu," tutur Luluk. Adapun aspek sarana meliputi ruangan penyelenggaraan, sarana pendukung serta makanan.

Sekretaris Inspektorat Jenderal selanjutnya berpesan agar para CPNS mencintai pekerjaan, dengan tidak memandang latar belakang yang dimiliki. "Dengan passion Anda bisa berkompetisi secara positif dengan pegawai lain melalui inovasi dan keunggulan lain," tuturnya.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Suyudi, jumlah CPNS di Kanwil Kalimantan Selatan tahun 2017 adalah 554 orang, yang terdiri dari Analis Keimigrasian 21 orang, Pembimbing Kemasyarakatan Pertama 11 orang, Perawat Pertama 3 orang dan Penjaga Tahanan 519 orang. Red: Humas, Photo: M. Mufid

WhatsApp Image 2018-01-31 at 11.33.16

WhatsApp Image 2018-01-31 at 11.33.50