PESAN AIDIR : INTEGRITAS HARUS DIJAGA, HARUS DIRAWAT SEKUAT TENAGA

Slide7

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Aidir Amin Daud memberikan materi kepada Taruna Politeknik Pemasyarakatan (Poltekip), Politeknik Keimigrasian (Poltekim) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta sebanyak 1300 orang pada kegiatan Pencanangan Zona Integritas dan Forum Diskusi Ilmiah dengan tema “Peran Pemangku Kebijakan pada Peningkatan Aparatur Sipil Negara yang Berkarakter”.

Aidir mengatakan bahwa, integritas adalah suatu yang sangat penting. Lebih penting daripada inteligence dan energy seperti yang telah disampaikan Pak Menteri. Integritas harus dijaga, harus dirawat sekuat tenaga, karena pada suatu ketika integritas bisa luntur karena tidak dijaga, ucapnya.

Selain itu, “Anda harus rawat integritasmu, hanya Anda yang bisa merawat integritasmu dan memelihara integritas sebaik-baiknya”, pesannya.

Kegiatan ini merupakan perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan berpikir, meningkatkan pemahaman tentang perubahan kebijakan, meningkatkan peranan K/L pada peningkatan kualitas ASN dan meningkatkan integritas ASN, ucap Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM, Mardjoeki pada saat membacakan laporan kegiatan.

Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajaran mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Aspek yang harus dipenuhi oleh suatu instansi atau lembaga untuk menuju Zona Integritas antara lain Manajemen Perubahan, Tata Laksana yang baik, Penataan Manajemen Sumber Daya Manusia,  Keterlibatan pimpinan dalam akuntabilitas kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengatakan, pencanangan ZI agar menjadi bagian dari sistem nilai birokrasi di Kemenkumham yang merupakan salah satu penerapan dari Janji Kinerja Kemenkumham tahun 2018, ujarnya.

Yasonna berharap, kalian direkrut dengan bersih maka mereka akan bersih, atau dituntut bersih. Jangan sampai melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik kementerian dan untuk berperan aktif mencegah narkoba untuk masuk ke Indonesia, harapnya.

Kemudian, ada 3 syarat untuk melihat kualitas seseorang yaitu intelligence, Energy dan Integrity. Dan ada 4 dimensi manusia yaitu To Life (makan, minum dan lain-lain), To Love (untuk berbahagia), To Learn (untuk Belajar), To Live a legacy (untuk meninggalkan warisan), tambahnya.

Kemudian dilanjutkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Bambang Sariwanto menyampaikan, dimana untuk bekerja dimanapun harus memiliki kedisiplinan, hal ini akan membawa pegawai ke jenjang yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, loyalitas juga harus dijaga karena negara ini butuh orang-orang loyal yang berintegritas, pesannya.

Pencanangan Zona Integritas dan Forum Diskusi Ilmiah dibuka oleh Menteri Hukum dan Ham, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Wakil Ketua Oumbudsman RI dan Perwakilan KPK yang bertempat di Balai Sarbini Jakarta (16/04). Photo/Red: Humas.Itjen

Slide8

Slide2

Slide5