HARI BHAKTI PEMASYARAKATAN KE-54, MENKUMHAM MENANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN

Slide1

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menandatangani Nota Kesepahaman antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Nota Kesepahaman antara Kemenkumham dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) yang bertepatan dengan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 Tahun 2018 yang bertempat di Lapangan Upacara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham, Jakarta (27/04).

Yasonna mengatakan kepada seluruh peserta upacara, Pemasyarakatan sebagai dari pemerintah, wajib memberikan pelayanan sebaik-baiknya serta tetap menumbuhkembangkan sikap aspiratif, transparan, responsive terhadap situasi dan perubahan yang terjadi pada lingkungan strategis, serta mampu menciptakan harmonisasi terhadap berbagai perbedaan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas, ucapnya.

Pemasyarakatan hadir sebagai lembaga negara yang mengemban amanah dalam melindungi kepentingan terpidana dari aspek kebutuhan dan manfaat terpidana serta pemenuhan hak ketika menjalani pidana, mulai dari tahap pra adjudikasi, adjudikasi, dan post adjudikasi.

“Upaya Pemasyarakatan untuk terus memberikan pelayanan terbaik merupakan bukti bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan dan menjawab segala permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat,” harap Yasonna.

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman, Menteri menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Ditjenpas dengan PT. Sellus Indonesia Perdana, Ditjenpas dengan Islamik Medical Service, Ditjenpas dengan Yayasan Siklus Sehat Indonesia dan Ditjenpas dengan Yayasan Indonesia Bangkit dan Bersinar, dan Ditjenpas dengan Rumput Laut Center.

Kemudian, Menteri menyerahkan langsung kepada UPT Pemasyarakatan dalam kategori dapur bersih, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pengelola Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) terbaik, UPT Pemasyarakatan pelaporn SMS Gateway teraktif, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) terbaik, dan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara terbaik

Piagam penghargaan juga diberikan kepada para pegawai yang berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba dan berprestasi dalam APTFC 2018, serta penghargaan atas kontribusi Pihak Ketiga dalam kegiatan Pembinaan Pemasyarakatan.

“Kepada Petugas Pemasyarakatan yang baru saja menerima penghargaan, saya ucapkan selamat dan penghormatan setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih”, tambahnya.

Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 ditutup dengan penampilan LKBB Calon Pegawai Negeri Sipil Kantor Wilayah Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta dan marching band dari taruna-taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 dilanjut lagi Pemotongan Tumpeng oleh Menteri Hukum dan HAM di Lobby Ditjenpas yang dihadiri oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham Aidir Amin Daud dan Pimpinan Tinggi Madya lainnya, Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenkumham, serta tamu Undangan. Red/Photo: Humas.Itjen.

Slide2

Slide3

Slide4