SUMPAH JABATAN PEJABAT PENGAWAS DI LINGKUNGAN ITJEN KEMENKUMHAM

IMG 5865

Jakarta, 25 Juni 2018 – Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Aidir Amin Daud, melantik sejumlah pejabat pengawas di lingkungan Itjen Kemenkumham pada Kamis, 28 Juni 2018. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini berdasarkan keputusan Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia No.SEK-18.KP.03.03 tahun 2018, tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan administrasi di lingkungan Kemenkumham Republik Indonesia.

Adapun pejabat Eselon IV A yang dilantik adalah Nurdin S.H, M.H, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Pengelolaan dan Analisis data hasil pengawasan 2, pada bagian sistem informasi pengawasan Inspektorat Jenderal Kemenkumham, kini menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Inspektorat Wilayah I Inspektorat Jenderal.

Sementara itu, Moh. Kristanto S.E, yang sebelumnya menempati jabatan Penyusun Tindak Lanjut dan Laporan Hasil Pengawasan I bagian sistem informasi pengawasan Inspektorat Jenderal, dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Pengelolaan dan Analisis Data Hasil Pengawasan II pada bagian sistem informasi pengawasan Inspektorat Jenderal Kemenkumham.

Pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniawan dilakukan secara agama Islam. Pejabat yang disumpah mengulangi perkataan yang diucapkan oleh Inspektorat Jenderal. "Bahwa dalam menjalankan jabatan atau pekerjaan, Saya senantiasa akan lebih mementingkan kepentingan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang, atau golongan. Bahwa senantiasa akan menjunjung tinggi kehormatan negera, pemerintah, dan pegawai negeri sipil. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan semangat untuk kepentingan negara,” ucap Aidir yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Usai pembacaan sumpah jabatan, pejabat yang baru dilantik melakukan penandatanganan naskah sumpah jabatan dan pakta integritas. Penandatanganan ini didampingi oleh Irjen, para saksi, dan disaksikan langsung oleh atasan.

Selanjutnya, Aidir memberikan arahan kepada pejabat pengawas di lingkungan Kemenkumham. “Kegiatan kali ini dalam rangka pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para pejabat Eselon IV A, jabatan administrasi lingkungan Itjen dalam rangka peningkatkan kinerja di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.  Butuh sosok aparatur sipil negara (ASN) yang berkemampuan melaksanakan tugas secara fungsional, bertanggung jawab dalam pemerintahan, serta pembangunan yang bersih dan bebas dari KKN,”tegas Aidir.

Kegiatan mutasi dan promosi terhadap pegawai dan pejabat di lingkungan Inspektorat Jenderal ini merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan. Mutasi dan promosi tersebut dilakukan sebagai implementasi pelaksanaan reformasi birokrasi, dimana hal tersebut perlu diadakan di lingkungan Kemenkumham untuk dapat mendorong ASN untuk bersaing meningkatkan kompetensinya.

“Kepada pak Nurdin yang menjadi Kasub tata usaha, saya harap Anda dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Juga kepada pak Kristanto yang promosi menjadi Kasub tata usaha pengelolaan analisis data, semoga dapat lebih hebat dan lebih baik lagi,” pesannya. Red/Photo: Humas.Itjen

IMG 5806

IMG 5791