ITJEN KEMENKUMHAM LAKUKAN EVALUASI KINERJA TIM UPP

WhatsApp Image 2018-09-19 at 00.36.28

Pangkal Pinang - Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Itjen Kemenkumham) melakukan evaluasi  terhadap kinerja tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kantor Wilayah Kemenkumham Bangka Belitung dan sekaligus melakukan Sosialiasi Gratifikasi dengan menggandeng Direktorat Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di ruang aula pengayoman Kanwil Kemenkumham Babel, Selasa (18/9/2018).

Kerjasama Itjen Kemenkumham dengan KPK dilakukan dalam rangka memperkuat tim pokja UPP Kemenkumham  menindaklanjuti hasil rekomendasi Rakor UPP Kemenkumham yang telah dilakukan tahun 2017 lalu.

"Kegiatan ini untuk menindaklanjuti rekomendasi hasil rakor UPP Kemenkumham Tahun 2017" ucap Budi SH, saat membacakan sambutan Irjen Kemenkumham.

Budi SH, Inspektur Wilayah I Itjen Kemenkumham, yang juga sekaligus sebagai  ketua I tim Pokja UPP Pencegahan Kemenkumham, merasa bangga atas kegiatan yang dilakukannya, karena dapat bekerjasama dengan KPK.

"Dengan menggandeng KPK, mudah-mudahan dapat membantu kinerja tim UPP Kemenkumham dalam pencegahan praktik pungutan liar (pungli) dijajaran Kemenkumham" harapnya.

Kegiatan evaluasi kinerja UPP Kemenkumham Tahun 2018, yang dikemas dalam kegiatan FGD dan Sosialisasi bersama KPK ini, rencana nya akan dilakukan ke lima Kanwil Kemenkumham dalam waktu dekat.

"Kanwil Kemenkumham Babel, Kaltim, Sumut, Sumbar, dan Jatim, akan dilakukan kegiatan yang sama" ucap Purnawan Hari, tim Sekretariat UPP  Itjen Kemenkumham, saat membacakan laporanya.

Sementara itu, selaku Ketua UPP Kantor Wilayah Kemenkumham Babel, Sulistiarso, mengatakan, kegiatan ini adalah upaya untuk pencegahan dan mempercepat penanganan apabila ditemukan kasus pungli maupun gratifikasi.

"Khusus jajaran Kanwil Babel, saya minta semuanya untuk bersama memberikan kontribusi konkrit dan  berperan aktif dalam pemberantasan korupsi," pesan Sulistiarso.

Asep Rahmat, pemeriksa gratifikasi KPK, yang diundang sebagai Narasumber dalam pencegahan Gratifikasi, memberikan pemahamannya tentang Gratifikasi untuk Indonesia yang bebas dari korupsi, kepada seluruh kepala kantor unit pelaksana teknis (Ka.UPT) dan juga tim UPP Kanwil yang hadir mengikuti kegiatan FGD dan Sosialisasi tersebut.

Usai acara kegiatan, tim UPP Kemenkumham pusat dan kanwil, melanjutkan kegiatan kunjungan ke 3 kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  yaitu Lapas Pangkal Pinang, Lapas Sungai Liat, dan Lapas Narkotika Pangkal Pinang. Hal ini dilakukan guna pencegahan praktik - praktik pungutan liar terhadap semua jenis layanan dalam Lapas maupun Rumah Tahanan (Rutan). Red/Photo : Humas.Itjen 

Slide2