MEMAKNAI NILAI-NILAI PANCASILA

Slide1

Jakarta, Jajaran Aparatur Sipil Negara Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan kegiatan Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2018 di lapangan upacara Kementerian Hukum dan HAM, Senin (1/10).

Bertindak selaku Inspektur upacara Benny Riyanto, Kepala Balitbang Hukum dan HAM dan sebagai pemimpin upacara Ernie Nurheyanti, Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha Balibang Hukum dan HAM.

Benny menyampaikan amanat Menteri Hukum dan HAM terkait tanggal 1 oktober ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena lima puluh tiga tahun lalu, tepatnya 30 September 1965, di negara kita terjadi pemberontakan yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang kemudian kita kenal dengan sebutan Gerakan 30S/PKI.

Seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan unit pusat, menghadiri peringatan upacara tersebut, dengan seksama mendengarkan penyampaian amanat tersebut, karena pada 1 oktober 1965 rakyat Indonesia bangkit untuk menyelematkan Negara yang dimotori oleh Tentara Nasional Indonesia, sehingga keutuhan bangsa dan negara dapat terlindungi.

Upacara hari kesaktian Pancasila ini mengusung tema “Pancasila sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa”, dimana kita dapat melihat pemaknaan Pengayoman mengandung nilai-nilai dalam Pancasila, sehingga hukum yang mengemban pada karakter Pengayoman secara langsung merupakan refleksi dari nilai-nilai Pancasila, ujar Benny.

Jadi sebagai pengemban mandat fungsi pemerintahan dibidang hukum dan HAM, sudah merupakan tugas seluruh pegawai untuk mengimplementasikan Pengayoman sebagai tujuan dari system Hukum di Indonesia. Red/Photo: Humas.Itjen

Slide2

Slide3