KETUA I POKJA PENINDAKAN UPP KEMENKUMHAM, SENTIL KALAPAS YANG NDESO

WhatsApp Image 2018-10-02 at 23.50.26

Inspektur Wilayah II (Irwil II) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Itjen Kemenkumham) Nugroho, yang juga sekaligus sebagai ketua tim Pokja I Penindakan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kemenkumham, memberikan arahan kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kinerja UPP Kemenkumham dan sosialisasi pengendalian Gratifikasi oleh KPK, di aula Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur, Surabaya (02/10/2018).

 

Kegiatan ini dalam rangka menidaklanjuti hasil rekomendasi rapat koordinasi (rakor) UPP Kemenkumham, yang pernah dilaksanakan pada September 2017 lalu.

 

Acara FGD dan sosialisasi pengendalian Gratifikasi yang dilaksanakan oleh Itjen Kemenkumham ini, menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini dilakukan sebagai langkah penguatan dalam pencegahan dan sekaligus juga  pemberantasan adanya pungli dan korupsi di lingkungan Kemenkumham.

 

Sebelumnya, kegiatan serupa juga telah dilakukan oleh Itjen Kemenkumham di 4 Kanwil Kemenkumham secara terpisah yaitu Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

 

Dari kegiatan ini diharapkan dapat mendorong ASN Kemenkumham mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintah yang bersih (clean governance), ucap Ichsanudin Eko, selaku anggota tim pokja sekretariat UPP Kemenkumham.

 

Dalam mencegah terjadinya praktik pungutan liar (pungli), Nugroho menginginkan semua lini pelayanan dilingkungan Kemenkumham harus bersih dari praktik percaloan.

 

Sekarang sudah memasuki jaman milenial, kita harus seperti para milenial, supaya kita tidak ndeso (ketinggalan), katanya.

"Kalau Kalapas masih ndeso, mending turun saja dari jabatannya" tambahnya.

 

Nugroho juga mengharapkan kepada satuan kerja atau unit pelaksana teknis (UPT) yang masih tertinggal, untuk melakukan study banding ke UPT lain yang sudah bagus.

 

"Benar - benar lakukan pembanding, jangan cuma jalan-jalan saja", tegasnya.

 

Diakhir sambutannya, Nugroho memberikan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham Jatim sebagai tuan rumah, yang dapat mengumpulkan jajarannya mengikuti momen penting tersebut.
(Red.Photo : humas.itjen)

 

WhatsApp Image 2018-10-02 at 23.47.50