Pengaduan >> INSPEKTORAT JENDERAL P.O. BOX 3489

IRJEN MENCANANGKAN PEMBANGUNAN ZI MENUJU WBK DAN WBBM DI LINGKUNGAN ITJEN KEMENKUMHAM

Slide2

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jhoni Ginting mencanangkan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di lingkungan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham yang bertempat di Ruang Auditorium Lantai 16 Gedung Kemenkumham, Kuningan, Jakarta (30/01).

Selain mencanangkan pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di lingkungan Itjen Kemenkumham, Jhoni beserta Kepala Keasistenan Resolusi dan Monitoring Oumbudsman RI (ORI), Dominikus Dalu, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Muhammad Yusuf Ateh, dan Para Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kemenkumham melaunching aplikasi Simwas versi 3.0 dan e-office serta meresmikan ruang Layanan Konsultasi yang berada di Gedung Kemenkumham lantai 15 Kuningan, Jakarta.

“Kita perlu menyadari bahwa paradigma birokrasi modern sudah berubah dari yang bertumpu pada kekuasaan menjadi bertumpu pada pelayanan”, tegas Jhoni.

Dan tugas Itjen sangat penting sebagai pengawal kinerja dan melakukan pembinaan yang baik, sehingga penilaian WBK dan WBBM dapat dijadikan gaya hidup agar pelaksanaannya tidak berat, tambahnya.

Akhir sambutannya, Jhoni menyampaikan kutipan dari Douglas Adams, bahwa untuk memberikan pelayanan, anda harus menambahkan dua hal yang tidak dapat dibeli dengan uang yaitu ketulusan dan integritas. Integritas adalah menyampaikan kebenaran dan terus menyampaikan kebenaran, imbuhnya.

Sebelum sambutan Irjen Kemenkumham, Pegawai Itjen Kemenkumham mendapatkan arahan dari ORI, Kemenpan RB dan Setjen Kemenkumham guna memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh Pegawai Itjen Kemenkumham untuk meraih WBK dan WBBM.

Dominikus memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini. Setidak-tidaknya, kegiatan ini menunjukkan komitmen Kemenkumham, khususnya Itjen Kemenkumham untuk bagaimana mewujudkan pelayanan publik yang baik.

Kemudian, Dominikus menekankan perkataan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bahwa birokrasi bertugas untuk melayani, bukan dilayani. Selain itu, Dominikus juga menyoroti pentingnya kerjasama antara ORI sebagai pengawas eksternal dengan Itjen Kemenkumham sebagai pengawas internal.

Dominikus juga mengapresiasi berjalannya komunikasi yang baik antara ORI dengan Kemenkumham, sehingga aspirasi masyarakat dapat diselesaikan dengan baik.

Selain kerjasama dengan ORI, Kemenkumham juga menjalin kerjasama yang baik dengan Kemenpan RB. Ateh berharap, kerjasama kedua Kementerian ini dapat meningkat menjadi lebih baik lagi dan Itjen Kemenkumham dapat melakukan seleksi internal terakit dengan proses penilaian WBK dan WBMM untuk selanjutnya diteruskan kepada Kemenpan RB.

Selanjutnya, Ateh menceritakan mengenai proses penilaian WBK dan WBBM oleh Kemenpan-RB. “Kemenkumham selama ini bersikap koperatif dengan Kemenpan-RB”.

Ateh berharap bahwa kerjasama kedua kementerian tersebut dapat meningkat menjadi lebih baik lagi. Selain itu, Ateh juga mengharapkan agar Inspektorat Jenderal dapat melakukan seleksi internal terkait dengan proses penilaian WBK dan WBBM untuk selanjutnya diteruskan kepada Kemenpan-RB.

Selain dari ORI dan Kemenpan RB, arahan juga datang dari Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkumham yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Nugroho.

Kemenkumham terus mendorong seluruh jajarannya dalam mewujudkan dan meningkatkan kinerja Kemenkumham yang berkualitas dan berintegritas sehingga mampu menjadi satker yang berpredikat WBK dan WBBM. Selain itu, pencanangan ini dipandang sebagai pondasi yang menjadi dasar dalam bekerja secara professional, akuntabilitas, sinergi, transparan dan inovatif, ucap Nugroho saat membacakan arahan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham.

Itjen sangat berperan penting sebagai penyelidik internal yang memastikan satker di Kemenkumham telah memenuhi standar sebelum diusulkan kepada Tim Penilai Nasional.

Sekretaris Inspektorat Jenderal (Sesitjen), Imam Jauhari sebagai Ketua Pelaksana menyampaikan laporan kegiatan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan komitmen bersama seluruh pegawai di lingkungan Itjen Kemenkumham dalam rangka mendukung pembangunan zona integritas tahun 2020.

“Pencanangan pembangunan zona integritas adalah upaya untuk mengakselerasi tercapainya tujuan-tujuan dari RB yakni peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, instansi yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta peningkatan pelayanan publik kepada seluruh satuan kerja di lingkungan Kemenkumham”, ucap Imam.

Setelah kegiatan selesai, para Pimpinan Tinggi menuju lantai 15 ruang Layanan Konsultasi guna meresmikan ruang Layanan Konsultasi Itjen Kemenkumham.

Para Pimpinan sangat senang dan bangga saat memasuki ruang Layanan Konsultasi sehingga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Asep Kurnia langsung mencoba aplikasi e-Konsul yang berada di website itjen kemenkumham (itjen.kemenkumham.go.id). Aplikasi e-konsul bertujuan untuk memudahkan para pegawai di daerah atau satuan kerja (satker) untuk berkonsultasi dengan Itjen Kemenkumham terkait PMPRB, Benturan Kepentingan, UPG, WBS dan lainnya.

Asep mengatakan, “Jadi, yang di daerah dengan mudah konsultasi dengan Itjen tanpa harus ke Jakarta”. Tidak hanya Asep, para pimpinan tinggi juga berkata seperti itu.

Jadi, diberitahukan kepada seluruh satker di lingkungan Kemenkumham, jika ingin konsultasi tidak perlu ke Jakarta. Sekarang sudah bisa konsultasi melalui e-konsul.(Red/Photo: Humas.Itjen.Kumham)

Slide3

Slide4

Slide1

 

Alamat

INSPEKTORAT JENDERAL

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA R.I.

Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi lt.16 (ex. Gd.Sentra Mulia),

Jl H.R. Rasuna Said No.Kav X-6, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

No Telp. (021) 525 3004

Situs Terkait

Mahkamah AgunG
Mahkamah konstitusi
ORI
PMPRB copy
PPATK
ukpppp

Aplikasi

lpse   sirup   lapor
         
simpeg   email   perpustakaan
         

Total Pengunjung

Hari ini 113

Kemarin 423

Mingguan 1755

Bulanan 929

Total Pengunjung 125671

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

© 2020 Pusat Data dan Teknologi Informasi - Kemenkumham R.I.