APLIKASI SMART PENUNJANG EVALUASI KINERJA ANGGARAN DI INSPEKTORAT JENDERAL HUKUM DAN HAM

Print

Slide2

Inspektorat  Jenderal  Kementerian Hukum dan HAM (Itjen Kemenkumham) menyelenggarakan kegiatan pelatihan kantor sendiri (PKS) dengan materi Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran (Monev SMART DJA) dibuka oleh Kepala bagian Program, Humas dan Pelaporan, Nanih Kusnani mewakili Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

Evaluasi kinerja anggaran ini tertuang pada PMK Nomor 214/PMK.02/2017 dan Perdirjen Anggaran Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran yang disampaikan oleh Riwayati sebagai Analis Anggaran Muda yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Riwayati menjelaskan bahwa saat ini hasil evaluasi kinerja anggaran untuk Kementerian Hukum dan HAM mendapat peringkat ke-6 dari total 12 Kementerian/Lembaga. Untuk meningkatkan pencapaian kinerja anggaran diperlukan awareness dari tingkat pimpinan, meningkatkan kapasitas SDM seluruh Satuan kerja (satker), memperbaiki dan melengkapi informasi kinerja sesuai ketentuan,serta meningkatkan kedisiplinan para petugas evaluasi kinerja anggaran, jelasnya yang bertempat di Auditorium Itjen Kemenkumham Lt. 16 Kuningan, Jakarta (08/08).

“Masalah mengenai anggaran ini dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi SMART”  ujar Wahyu Djatmiko, Pranata Komputer Muda pada Direktorat Sistem Penganggaran pada Kementerian Keuangan. Ia juga menjelaskan perbedaan antara aplikasi OM SPAN dengan aplikasi SMART.

Aplikasi SMART ini lebih terkait mengenai kinerja anggaran, salah satunya adalah penyerapan anggaran. Sedangkan untuk aplikasi OM SPAN untuk memudahkan satker dalam memonitoring kondisi keuangan yang belum mencapai bagian output.

PKS kali ini dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing bagian dan wilayah di lingkungan Itjen Kementerian Hukum dan HAM. (Red/Photo: Humas.Itjen.Kumham)

Slide3

Slide4