FINALISASI KEGIATAN PENGISIAN SURVEI PERSEPSI PENILAIAN MATURITAS SPIP DI LINGKUNGAN KEMENKUMHAM

Print

Slide2

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melaksanakan Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) terkait Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang diadakan di ruang auditorium Inspektorat Jenderal gedung Direktorat Jenderal Imigrasi Lt. 16 Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (02/05).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka “Finalisasi kegiatan pengisian survei persepsi penilaian maturitas SPIP di lingkungan Kemenkumham”, yang dihadiri oleh tim asessor dari setiap Inspektorat Wilayah Kemenkumham dan dibuka oleh perwakilan dari Inspektorat Wilayah I, Nur Sofiyah (Auditor Madya) selaku koordinator Penilaian Maturitas SPIP.

Menurut Sasongko Wishnu Broto, narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) selaku Pengendali Teknis, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi assessor dalam menilai bukti maturitas, serta pembekalan asessor dalam teknis penilaian bukti maturitas.

“Assesor itu sendiri merupakan tim atau orang yang melakukan assessment/ penilaian maturitas SPIP. Tugasnya adalah melakukan pengujian terhadap bukti maturitas. Ada beberapa tahap pengujian bukti diataranya : bukti dokumen, bukti kuesioner lanjutan, bukti wawancara, dan bukti observasi,” ujar Ma’aruf Hidayat anggota tim BPKP yang menjadi narasumber ke-2.

Diakhir paparan, Ma’aruf menjelaskan penilaian maturitas SPIP pada tahap akhir terdiri dari : fungsi power asessor, dan kebijakan konservatif dalam kelengkapan nilai. (Red/Photo:Humas.Itjen.Kemenkumham).

Slide1

Slide3