KEMENKEU PERKENALKAN APLIKASI SIMAN KE ITJEN KEMENKUMHAM

Print

Slide1

Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Itjen Kemenkumham) menyelenggarakan Workshop terkait Reviu atas penilaian kembali Barang Milik Negara (BMN) yang bertempat di Auditorium Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Lt.18, Gedung Kemenkumham, Jakarta dan dihadiri oleh Auditor dan APIP dari seluruh Wilayah dan Bagian Itjen Kemenkumham, Rabu (11/09).

Itjen kemenkumham menggandeng Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai narasumber dalam acara workshop ini. Musthofa selaku narasumber menjelaskan tahapan dalam penilaian kembali BMN meliputi penyediaan data awal, inventarisasi, penilaian, pelaporan inventarisasi penilaian, monitoring evaluasi, serta penyusunan laporan pelaksanaan penilaian kembali.

"Dalam pemaparan penilaian pribadi dapat dilakukan dengan fokus inventarisasi yakni menggunakan Sampling dan Maping", ujarnya.

Kemudian, Hendrawan sebagai Narasumber dari Kemenkeu menjelaskan Simulasi Reviu yang didalamnya terdapat empat topik pembahasan yakni persiapan inventarisasi BMN, pelaksanaan inventarisasi BMN, tindak lanjut penyelesaian koreksi data dan nilai BMN,  serta catatan hasil Reviu dari APIP.

Ia juga menjelaskan, dalam mengisi SIMAN harus dipastikan dengan benar tiap-tiap form yakni dengan memastikan keadaan fisik dokumen dengan lapangannya.

“Untuk tahapan inventarisasi secara normal pasti akan dilanjutkan sinkronisasi data SIMAN pada aplikasi SIMAN yang disusun oleh pengelola. Disini kita akan mereviu identifikasi resikonya. Tapi, kalau ada identifikasi resiko lain dapat dikembangkan oleh teman-teman dari Kemenkumham baiknya seperti apa”, ujar Hendrawan.

Workshop diakhiri dengan pemaparan Teknik Reviu pada aplikasi SIMAN  yang disampaikan oleh Permadi selaku Narasumber dari Kemenkeu meliputi pengambilan sample untuk Reviu, Reviu atas kelengkapan pengisisan form, dan Reviu kesesuaian form dalam SIMAN. (Red/Photo: Humas.Itjen.Kumham).

Slide2

Slide3