TUGAS POKOK DAN FUNGSI SEKRETARIAT INSPEKTORAT JENDERAL

Print

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI SEKRETARIAT INSPEKTORAT JENDERAL

TUGAS POKOK

Sekretariat Inspektorat Jenderal mempunyai tugas memberikan pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan Inspektorat Jenderal.

FUNGSI

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 952, Sekretariat Inspektorat Jenderal menyelenggarakan fungsi:
  1. Koordinasi dan penyusunan rencana program dan anggaran serta hubungan masyarakat;
  2. Pelaksanaan urusan kepegawaian;
  3. Pelaksanaan urusan keuangan;
  4. Pengelolaan sistem informasi pengawasan dan layanan pengaduan;
  5. Pengelolaan urusan umum; dan
  6. Evaluasi program dan kegiatan, penyusunan laporan kegiatan pengawasan, penataan kelembagaan, dan reformasi birokrasi.

STRUKTUR ORGANISASI

Sekretariat Inspektorat Jenderal terdiri atas:
  1. Bagian Program, Hubungan Masyarakat, dan Pelaporan;
  2. Bagian Kepegawaian;
  3. Bagian Keuangan;
  4. Bagian Sistem Informasi Pengawasan;
  5. Bagian Umum; dan
  6. Kelompok Jabatan Fungsional.
Sekretariat Inspektorat Jenderal terdiri dari:
  1. Bagian Program, Hubungan Masyarakat, dan Pelaporan;
    Tugas
    agian Program, Hubungan Masyarakat dan Pelaporan mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, penyusunan rencana, program dan anggaran, pengumpulan, pengolahan data hasil pengawasan, fasilitasi pelaksanaan penataan kelembagaan dan reformasi birokrasi, hubungan masyarakat, penyusunan laporan berkala hasil pengawasan Inspektorat Jenderal, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Ombudsman Republik Indonesia.
    Fungsi
    • Koordinasi dan penyusunan rencana, program dan anggaran pengawasan;
    • Pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data hasil pengawasan;
    • Pelaksanaan hubungan masyarakat;
    • Pelaksanaan evaluasi fasilitasi pelaksanaan penataan kelembagaan dan reformasi birokrasi Inspektorat Jenderal; dan
    • Pelaksanaan pemantauan, penyiapan evaluasi program kerja dan penyusunan laporan berkala hasil pemeriksaan Inspektorat Jenderal, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Ombudsman Republik Indonesia.
    Bagian Program, Hubungan Masyarakat dan Pelaporan terdiri atas:
    • Subbagian Penyusunan Rencana dan Anggaran;
      Tugas
      Melakukan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana strategis Sekretariat Inspektorat Jenderal, rencana kinerja tahunan, rencana anggaran, program kerja pengawasan tahunan, perjanjian kinerja, dan dokumen perencanaan anggaran Inspektorat Jenderal;
    • Subbagian Kelembagaan dan Reformasi Birokrasi;
      Tugas
      Melakukan penyiapan bahan koordinasi fasilitasi pelaksanaan penataan kelembagaan dan reformasi birokrasi;
    • Subbagian Hubungan Masyarakat;
      Tugas
      Melakukan penyiapan bahan pengelolaan informasi dan komunikasi publik kegiatan pengawasan, serta pengelolaan perpustakaan;
    • Subbagian Evaluasi dan Pelaporan;
      Tugas
      melakukan penyiapan bahan evaluasi program dan kegiatan, penyusunan laporan akuntabilitas kinerja, laporan periodik kegiatan pengawasan, dan penghimpunan pelaporan hasil tindak lanjut pengawasan yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Ombudsman Republik Indonesia.
  2. Bagian Kepegawaian;
    Tugas
    Bagian Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan urusan kepegawaian di lingkungan Inspektorat Jenderal.
    Fungsi
    • Penyusunan formasi dan pendataan pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal;
    • Penyiapan bahan penetapan mutasi, promosi, pemberhentian dan disiplin pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal;
    • Penyiapan bahan dan pengelolaan administrasi jabatan fungsional dan pengembangan pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal; dan
    • Pengelolaan tata usaha kepegawaian di lingkungan Inspektorat Jenderal.
    Bagian Kepegawaian Terdiri dari :
    • Subbagian Umum Kepegawaian;
      Tugas
      Subbagian Umum Kepegawaian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan formasi, pendataan, pengelolaan sasaran kinerja pegawai, administrasi penggajian dan tunjangan kinerja, administrasi asuransi kesehatan, kartu pegawai dan tabungan asuransi pensiun, serta pemberian tanda penghargaan pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal;
    • Subbagian Mutasi dan Pemberhentian;
      Tugas
      Subbagian Mutasi dan Pemberhentian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penetapan pengangkatan, kepangkatan, pemindahan, mutasi dan promosi jabatan di lingkungan Inspektorat Jenderal, serta penetapan pemberhentian, pensiun, pengelolaan administrasi hukuman disiplin dan pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara;
    • Subbagian Administrasi Jabatan dan Pengembangan;
      Tugas
      Subbagian Administrasi Jabatan dan Pengembangan mempunyai tugas melakukan pengelolaan administrasi jabatan struktural dan fungsional, perencanaan dan analisa kebutuhan pengembangan pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal.
  3. Bagian Keuangan;
    Tugas
    Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan urusan keuangan dan administrasi perjalanan dinas di lingkungan Inspektorat Jenderal.
    Fungsi
    • Pelaksanaan urusan anggaran, pembuatan daftar gaji, pembayaran gaji pegawai, dan tunjangan kinerja pegawai;
    • Pelaksanaan urusan perbendaharaan dan tata usaha keuangan;
    • Pelaksanaan akuntansi, perhitungan, dan penyusunan laporan keuangan; dan
    • Pelaksanaan urusan administrasi perjalanan dinas.
    Bagian Keuangan terdiri atas :
    • Subbagian Pelaksanaan Anggaran;
      Tugas
      Subbagian Pelaksanaan Anggaran mempunyai tugas melakukan urusan pelaksanaan anggaran, pembuatan daftar gaji, pembayaran gaji pegawai dan tunjangan kinerja.
    • Subbagian Perbendaharaan;
      Tugas
      Subbagian Perbendaharaan mempunyai tugas melakukan urusan perbendaharaan dan tata usaha keuangan.
    • Subbagian Akuntansi dan Pelaporan;
      Tugas
      Subbagian Akuntansi dan Pelaporan mempunyai tugas melakukan urusan akuntansi, perhitungan, dan penyusunan laporan keuangan.
    • Subbagian Perjalanan Dinas;
      Tugas
      Subbagian Perjalanan Dinas mempunyai tugas melakukan urusan administrasi perjalanan dinas.
  4. Bagian Sistem Informasi Pengawasan;
    Tugas
    Bagian Sistem Informasi Pengawasan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dan pelayanan Sistem Informasi Pengawasan, pengelolaan program pelaporan pengendalian gratifkasi, Whistle Blowing System, penanganan pengaduan masyarakat, serta pengelolaan data hasil pengawasan dan hukuman disiplin.
    Fungsi
    • Perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, pengamanan, pemutakhiran infrastruktur teknologi informasi dan aplikasi;
    • Pengelolaan dan analisis data hasil pengawasan Inspektorat Jenderal dan tindak lanjut temuan serta hukuman disiplin;
    • Pengelolaan dan analisis data hasil pengawasan Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Ombudsman Republik Indonesia dan tindak lanjut temuan; dan
    • Pengelolaan pengaduan masyarakat, Whistle Blowing System, dan pelaporan pengendalian gratifikasi.
    Bagian Sistem Informasi Pengawasan terdiri atas :
    • Subbagian Pengelolaan Teknologi Informasi;
      Tugas
      Subbagian Pengelolaan Teknologi Informasi mempunyai tugas melakukan perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, pengamanan, pemutakhiran infrastruktur teknologi informasi dan aplikasi;
    • Subbagian Pengelolaan dan Analisis Data Hasil Pengawasan I;
      Tugas
      Subbagian Pengelolaan dan Analisis Data Hasil Pengawasan I mempunyai tugas melakukan pengelolaan dan analisis data hasil pengawasan Inspektorat Jenderal, tindak lanjut temuan dan hukuman disiplin;
    • Subbagian Pengelolaan dan Analisis Data Hasil Pengawasan II;
      Tugas
      Subbagian Pengelolaan dan Analisis Data Hasil Pengawasan II mempunyai tugas melakukan pengelolaan dan analisis data hasil pengawasan Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Ombudsman Republik Indonesia, dan tindak lanjut temuan.
    • Subbagian Layanan Pengaduan;
      Tugas
      Subbagian Layanan Pengaduan mempunyai tugas melakukan pengelolaan pengaduan masyarakat, Whistle Blowing System, dan pelaporan pengendalian gratifikasi.
  5. Bagian Umum.
    Tugas
    Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan tata usaha, persuratan, arsip, rumah tangga, pengelolaan barang milik negara, tata usaha pimpinan, dan protokol.
    Fungsi
    • Pengelolaan urusan tata usaha, persuratan, dan arsip di lingkungan Inspektorat Jenderal;
    • Pengelolaan urusan rumah tangga dan pengelolaan barang milik negara di lingkungan Inspektorat Jenderal; dan
    • Pelaksanaan urusan pengelolaan tata usaha Inspektur Jenderal dan keprotokolan.
    Bagian Umum terdiri atas :
    • Subbagian Persuratan dan Arsip mempunyai tugas melakukan pengelolaan urusan administrasi persuratan, pengelolaan arsip, penggandaan dan pendistribusian surat, dan ekspedisi di lingkungan Inspektorat Jenderal;
    • Subbagian Rumah Tangga dan Pengelolaan Barang Milik Negara mempunyai tugas melakukan pengelolaan urusan rumah tangga, pengangkutan, pemeliharaan inventaris kantor, pemeliharaan rumah dan kendaraan dinas, pengelolaan barang milik negara, koordinasi pencatatan, pengidentifikasian, perhitungan, penilaian, pelaporan, penghapusan serta penyiapan dokumen, pelaksanaan dan pelaporan layanan pemilihan penyedia barang/jasa;
    • Subbagian Tata Usaha Pimpinan dan Protokol mempunyai tugas melakukan urusan tata usaha Inspektur Jenderal dan keprotokolan.